Search for collections on Undip Repository

PELAKSANAAN PEMBINAAN BAGI ANAK BINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KLAS I KUTOARJO._023 Pidana 2023

ISLAMI, SAFIRA and Rochaeti, Nur and Sutanti, Rahmi Dwi (2023) PELAKSANAAN PEMBINAAN BAGI ANAK BINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KLAS I KUTOARJO._023 Pidana 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kejahatan yang dilakukan oleh anak setiap tahun terjadi peningkatan. Penyebab kejahatan yang dilakukan anak yang semakin disorot adalah pola asuh anak oleh orang tua. Pola asuh yang tidak dekat menjadikan anak mudah terjerumus oleh pergaulan bebas dan perilaku kriminal.Bentuk pidana yang dikenakan kepada anak yang menjadi pelaku tindak pidana salah satunya adalah pidana pembinaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Penulisan hukum ini bertujuan mengetahui kebijakan formulasi pembinaan anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak dan pelaksanaan pembinaan bagi anak binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Kutoarjo.
Metode Penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris karena didasarkan pada penggabungan peraturan hukum yang berlaku dengan data yang ada dilapangan. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan melakukan deskripsi hasil dari penelitian yang dilakukan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu studi kepustakaan, studi dokumen dan wawancara.
Hasil penelitian dan simpulan ini adalah kebijakan yang mengatur tentang pembinaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak saat ini terdiri dari instrumen hukum internasional dan instrumen hukum nasional. Pelaksanaan pembinaan bagi anak binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak di LPKA Klas I Kutoarjo terdiri dari tiga tahap yaitu pembinaan tahap awal, pembinaan tahap lanjutan dan pembinaan tahap akhir. Anak binaan juga memiliki hak-hak anak binaan selama menjalankan pembinaan di LPKA Klas I Kutoarjo.
Kata Kunci :Pembinaan,Anak, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:51
Last Modified: 28 Nov 2023 03:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18260

Actions (login required)

View Item View Item