Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN YURIDIS PENJATUHAN SANKSI PIDANA MATI BAGI PELAKU KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK (Studi Putusan Nomor 86/Pid.Sus/2022/PT Bdg)._025 Pidana 2023

HENNY ZUKHRUFA, HENNY ZUKHRUFA and Nur Rochaeti, Nur Rochaeti and A.M. Endah Sri Astuti, A.M. Endah Sri Astuti (2023) TINJAUAN YURIDIS PENJATUHAN SANKSI PIDANA MATI BAGI PELAKU KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK (Studi Putusan Nomor 86/Pid.Sus/2022/PT Bdg)._025 Pidana 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan zaman dan kemajuan teknologi di masyarakat yang begitu pesat turut membawa konsekuensi dalam kehidupan bermasyarakat.Permasalahan hukum semakin marak terjadi seiring dengan pola tingkah laku masyarakat yang semakin kompleks.Salah satu contoh perbuatan menyimpang yang terjadi adalah kekerasan seksual.Sangat disayangkan, kekerasan seksual ternyata tidak hanya terjadi pada orang dewasa, melainkan juga menimpa anak dibawah umur yang masih tabu terhadap persoalan tersebut.Penulisan hukum ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan yang mengatur tindak pidana kekerasan seksual pada anak saat ini dan dasar pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana mati bagi pelaku kekerasan seksual pada anak dalam Putusan Nomor 86/Pid.Sus/2022/PT Bdg.
Metodologi yang digunakan adalah yuridis normatif karena didasarkan pada perundang-undangan dan prinsip hukum yang berlaku dalam tindak pidana kekerasan seksual pada anak. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan perundang-undangan (statute approach), pendekatan konsep (conceptual approach), dan pendekatan kasus (case approach). Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, studi dokumen, dan wawancara langsung.
Hasil penelitian dan simpulan dalam skripsi ini adalah kebijakan yang mengatur tindak pidana kekerasan seksual pada anak saat ini terdiri dari instrumen hukum internasional dan instrumen hukum nasional. Dasar pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana mati bagi pelaku kekerasan seksual pada anak dalam Putusan Nomor 86/Pid.Sus/2022/PT Bdg didasarkan pada alat bukti dan fakta-fakta hukum yang terungkap di persidangan serta keadaan yang memberatkan dan meringankan Terdakwa dalam persidangan.
Kata Kunci: Sanksi Pidana Mati, Pelaku Kekerasan Seksual, Anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:50
Last Modified: 28 Nov 2023 03:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18246

Actions (login required)

View Item View Item