Search for collections on Undip Repository

ANALISIS YURIDIS SANKSI PELATIHAN KERJA SEBAGAI PENGGANTI DENDA TERHADAP ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM DALAM UNDANG-UNDANG SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK._027 Pidana 2023

BAIHAQI, M. BILAL and Astuti, Endah Sri and Sutanti, Rahmi Dwi (2023) ANALISIS YURIDIS SANKSI PELATIHAN KERJA SEBAGAI PENGGANTI DENDA TERHADAP ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM DALAM UNDANG-UNDANG SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK._027 Pidana 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak yang melakukan tindak pidana kejahatan tetap akan mendapatkan sanksi hukum.Tetapi, dalam pemberian sanksi perlu untuk mempertimbangkan kemantapan psikis dan kejiwaan anak. Sehingga anak yang melakukan tindak pidana dapat memperoleh perlindungan khusus terutama perlindungan hukum dalam sistem peradilan pidana, yaitu salah satunya adalah penjatuhan sanksi pelatihan kerja.
Penelitian ini akan mengulas formulasi kebijakan penjatuhan sanksi pelatihan kerja sebagai pengganti denda terhadap anak yang berkonflik dengan hukum dalam Undang-Undang Nomor 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak dan akan menganalisis pertimbangan hakim dalam penjatuhan sanksi pelatihan kerja sebagai pengganti denda dalam beberapa putusan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif dengan spesifikasi deskriptif analisis dengan didukung oleh data hasil wawancara sebagai data primer dan telaah terhadap putusan yang dihasilkan oleh pengadilan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa penjatuhan sanksi pelatihan kerja telah diberlakukan oleh Hakim terhadap anak yang berkonflik oleh hukum. Namun, penjatuhan sanksi pelatihan kerja sebagai pengganti denda belum mengacu sepenuhnya sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Hal ini disebabkan karena belum terdapat peraturan pemerintah yang mengatur mengenai pelaksanaan pelatihan kerja. Sehingga, penjatuhan sanksi pelatihan kerja bagi anak yang berkonflik dengan hukum dalam eksekusinya belum memberikan perlindungan hukum terhadap anak yang dijatuhi sanksi pelatihan kerja.

Kata kunci: Anak, Pelatihan Kerja, Sistem Peradilan Pidana Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:50
Last Modified: 28 Nov 2023 03:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18237

Actions (login required)

View Item View Item