Search for collections on Undip Repository

ANALISIS ANGGARAN RESPONSIF GENDER DI KABUPATEN KENDAL TAHUN ANGGARAN 2017– 2018 64PEM2022

Wulandhari, Diny Ayu (2022) ANALISIS ANGGARAN RESPONSIF GENDER DI KABUPATEN KENDAL TAHUN ANGGARAN 2017– 2018 64PEM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (594kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (926kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (610kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (299kB)

Abstract

Anggaran Responsif Gender (ARG) merupakan integrasi dari PUG guna mengakomodasikan keadilan bagi perempuan dan laki-laki untuk memiliki kesempatan yang sama dalam memperoleh akses, manfaat, partisipasi, dan kesetaraan pada capaian pembangunan. Namun meski demikian, realita yang ada di lapangan pelaksanaan penganggaran responsif gender khususnya di Kabupaten Kendal masih kurangoptimal dalam mengakomodasikan kebutuhan gender. Hal ini di duga karena isu gender belum menjadi isu prioritas dan SKPD masih belum memahami apakah yang dimaksud dengan ARG.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan serta kendala yang mempengaruhi dalam pelaksanaan anggaran responsif gender di Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal Tahun Anggaran 2017-2018. Metode dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Yang mana, penulis akan meneliti dan mewawancarai beberapa informan di SKPD yang telah melaksanakan ARG secara rinci dengan harapan mendapatkan data yang komprensif terkait dengan ARG.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan ARG di Kabupaten Kendal masih belum maksimal serta tidak terdapatnya poin yang mewajibkan SKPD untuk menganggarkan responsif gender. Dari 33 SKPD hanya terdapat 6 SKPD yang melaksanakan ARG. Analisis kategori alokasi anggaran yaitu Anggaran Khusus Target Gender terdapat 21 program, Anggaran Pelembagaan Kesetaraan Gender terdapat 5 program dan Anggaran Kesetaraan Gender Secara Umumterdapat 22 program. Kendala penerapan anggaran responsif gender yakni faktor kebijakan meliputi kekuatan hukum dan komitmen pemerintah, faktor struktural meliputi kapasitas sumber daya manusia masih dan dominasi struktur dan faktor kultural meliputi derajat partisipasi perempuan dan pandangan gender.
Saran yang dapat disampaikan kepada pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal adalah agar Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal dapat menyusun kebijakan daerah melalui peraturan daerah sebagai pedoman pelaksanaan dengan jelas dalam mengatur PUG dan ARG, sehingga semua SKPD atau badan pelaksana otonomi daerah akan secara keseluruhan menyusun program dan kegiatan yang merespon kebutuhan gender. Sehingga pelaksanaan ARG di Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal dapat berjalan dengan optimal.
Kata kunci : Anggaran Responsif Gender, Kategori, Kendala

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 22 Nov 2023 04:34
Last Modified: 22 Nov 2023 04:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18214

Actions (login required)

View Item View Item