Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN YURIDIS TENTANG PRAPERADILAN TERKAIT DENGAN SAH ATAU TIDAKNYA PENANGKAPAN DAN PENAHANAN PELAKU TINDAK PIDANA PENCABULAN TERHADAP ANAK (StudiKasusPutusanPraperadilanNomor: 2/Pid.Prap/2022/PN.SMG) _021 Acara 2023

KUSUMANINGRUM, DYAH and Sukinta, Sukinta and Cahyaningtyas, Irma (2023) TINJAUAN YURIDIS TENTANG PRAPERADILAN TERKAIT DENGAN SAH ATAU TIDAKNYA PENANGKAPAN DAN PENAHANAN PELAKU TINDAK PIDANA PENCABULAN TERHADAP ANAK (StudiKasusPutusanPraperadilanNomor: 2/Pid.Prap/2022/PN.SMG) _021 Acara 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praperadilan memiliki tugas pokok menguji adanya tindakan kesewenang-wenangan khususnya dalam kasus ini mengenai sah atau tidaknya suatu penangkapan dan penahanan perkara tindak pidana pencabulan terhadap anak (Studi Putusan Praperadilan Nomor: 2/Pid.Prap/2022/PN.SMG).
Dalam penelitian ini menggunakan teknik pendekatan yuridis normatif, teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan dan menggunakan teknik analisis data bersifat kualitatif. Penulisan hukum ini bertujuan untuk menganalisis peran Lembaga Praperadilan ditinjau dari perspektif Hak Asasi Manusia dan pertimbangan putusan hakim praperadilan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka disimpulkan bahwa hakim menolak permintaan Pemohon Praperadilan dalam hal penangkapan dan penahanan, dikarenakan kesalahan dari Pemohon sendiri yaitu kesalah pahaman dan kurang teliti terkait tanggal surat perintah penangkapan, dan posita Pemohon adalah illegal dimana posita tersebut tidak dikenal dalam register. Kedepannya diharapkan sistem peradilan pidana yang terintegrasi dan Praperadilan yang digunakan dalam rancangan KUHAP dengan rumusan yang lebih eksplisit yang mengutamakan kepentingan tersangka.
Kata kunci: Praperadilan, Penahanan dan Penetapan tersangka, Hak Asasi Manusia Tersangka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 22 Nov 2023 05:35
Last Modified: 22 Nov 2023 05:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18207

Actions (login required)

View Item View Item