Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN YURIDIS PERAN DATA ELEKTRONIK DALAM PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA KESUSILAAN (StudiKasusPutusanNomor952/Pid.Sus/2019/PNSmg). _022 Acara 2023

Asmar, Ainul Fuadi and Cahyaningtyas, Irma and Sukinta, Sukinta (2023) TINJAUAN YURIDIS PERAN DATA ELEKTRONIK DALAM PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA KESUSILAAN (StudiKasusPutusanNomor952/Pid.Sus/2019/PNSmg). _022 Acara 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penulisan hukum ini membahas mengenai tinjauan yuridis peran data elektronik dalam pembuktian tindak pidana kesusilaan dengan studi kasus Putusan Nomor952/Pid.Sus/2019/PNSmg).Tujuan dari penulisan hukum ini adalah untuk mengetahui pengaturan dan penggunaan data elektronik sebagai alat bukti dalam pembuktian tindak pidana kesusilaan. Teknik penelitian dan penulisan hukum ini adalah melakukan analisis data dengan pendekatan yuridis normatif yang berasal dari data-data sekunder.
Data sekunder yang digunakan berasal dari buku-buku hukum, jurnal,putusan,dan peraturan perundang-undangan yakni Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 jo Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
Hasil dari penelitian ini adalah data elektronik merupakan perluasan dari alat bukti yang sah sesuai dengan hukum acara yang berlaku di Indonesia. Perluasan yang dimaksud adalah perluasan untuk menambah alat bukti serta ruang lingkupnya yang telah diatur didalam Pasal184 ayat(1) KUHAP. Alat bukti elektronik dikategorikan sebagai alat bukti surat. Selain digunakan sebagai alat bukti, data elektronik juga digunakan sebagai barang bukti untuk melengkapi syarat penjatuhan putusan pemidanaan terutama dalam tidak pidana kesusilaan.

Kata Kunci: Data Elektronik, Alat Bukti,Pembuktian, Tindak Pidana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 22 Nov 2023 05:35
Last Modified: 22 Nov 2023 05:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18205

Actions (login required)

View Item View Item