Search for collections on Undip Repository

"PENYELESAIAN MASALAH TRANSPORTASI TRIANGULAR FUZZY MENGGUNAKAN METODE HARMONIC MEAN DAN METODE HYBRID HARMONIC MEAN (Studi Kasus PT. Saka Utama Medika)"

Suryaningrum, Vallientia (2023) "PENYELESAIAN MASALAH TRANSPORTASI TRIANGULAR FUZZY MENGGUNAKAN METODE HARMONIC MEAN DAN METODE HYBRID HARMONIC MEAN (Studi Kasus PT. Saka Utama Medika)". Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
PENDAHULUAN_Vallientia Suryaningrum_24010118120003 - Vallientia Suryaningrum.pdf

Download (207kB)
[img] Text
ISI_Vallientia Suryaningrum_24010118120003 - Vallientia Suryaningrum.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Vallientia Suryaningrum_24010118120003 - Vallientia Suryaningrum.pdf

Download (97kB)

Abstract

"Model masalah transportasi berperan penting dalam penentuan rencana biaya terendah pada proses pendistribusian barang dari sejumlah sumber ke beberapa tujuan. Setiap perusahaan memiliki cara yang berbeda-beda dalam hal proses pendistribusian barang. Salah satu faktor penghambat kemajuan perusahaan yaitu pendistribusian barang yang tidak merata yang dilakukan oleh perusahaan itu sendiri karena ketidakpastian di lapangan. Terjadinya ketidakpastian di lapangan memunculkan masalah transportasi fuzzy. Masalah transportasi fuzzy merupakan masalah transportasi dengan jumlah persediaan, jumlah permintaan, dan biaya transportasi berupa bilangan fuzzy. Dalam menyelesaikan masalah transportasi terdapat dua tahap yaitu menentukan solusi fisibel awal dan menentukan solusi optimal. Pada Tugas Akhir ini dibahas metode Harmonic Mean (HM) dan metode Hybrid Harmonic Mean (HHM) untuk menentukan solusi fisibel awal masalah transportasi. Mean parameter ranking digunakan untuk mengubah masalah transportasi fuzzy ke dalam masalah transportasi crisp. Total biaya transportasi yang diperoleh PT. Saka Utama Medika menggunakan metode HM dan metode HHM sebesar Rp 6.864.300. Uji optimalisasi menggunakan metode Stepping Stone diperoleh Rp 6.429.500. PT. Saka Utama Medika dapat menghemat 40% dari biaya yang dikeluarkan perusahaan.

Kata Kunci: Masalah Transportasi Fuzzy, Mean Parameter Ranking, Harmonic Mean, Hybrid Harmonic Mean."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 21 Nov 2023 05:54
Last Modified: 21 Nov 2023 05:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18178

Actions (login required)

View Item View Item