Search for collections on Undip Repository

KEWENANGAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA SEMARANG DALAM PEMUGARAN BANGUNAN OBYEK WISATA DI KOTA SEMARANG (Studi Di Kawasan Kota Lama Semarang)._022 HTN 2023

Ghaffar, Farhan Abdul and Wardhani, Lita Tyesta Addy Listya and Indarja, Indarja (2023) KEWENANGAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA SEMARANG DALAM PEMUGARAN BANGUNAN OBYEK WISATA DI KOTA SEMARANG (Studi Di Kawasan Kota Lama Semarang)._022 HTN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peraturan Walikota No. 80 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebagai dasar hukum kewenangan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang dalam melaksanakan Pemugaran Bangunan Cagar Budaya di Kawasan Kota Lama Semarang. Salah satu kebijakannya adalah Revitalisasi dan Perlindungan bangunan di Kawasan Kota Lama Semarang sebagai salah satu implementasi dari tugas pokok dan fungsi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang dengan tujuan Kawasan Kota Lama Semarang yang dapat difungsikan kembali menjadi Objek Wisata di Kota Semarang bahkan di Jawa Tengah. Badan Pengelola Kawasan Kota Lama Semarang (BP2KL) merupakan Lembaga non- struktural yang dibuat oleh Pemerintah Daerah Kota Semarang untuk pengelolaan Kawasan Kota Lama Semarang.
Penelitian ini hendak mengulas a) kebijakan apa saja dan bagaimana implementasinya yang dikeluarkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang dalam Pemugaran Kawasan Kota Lama Semarang, b) apa saja kendala yang muncul serta upaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang dalam pelaksaannya memugar bangunan cagar budaya yang ada di Kawasan Kota Lama Semarang. Kajian didasarkan pada penelitian Normatif menggunakan analisis Kualitatif dengan spesifikasi Deskriptif-analitis yang disajikan dengan data sekunder.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah; a) kebijakan yang dikeluarkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam implementasinya memugar Kawasan Kota Lama Semarang ialah proses Revitalisasi dan Perlindungan; b) kendala kepemilikan bangunan cagar budaya beserta kerusakan dan pengalihanya dan juga anggapan masyarakat adat bahwa tindakan pemugaran hanya merusak lingkungan sekitar karena tidak menggunakan bahan ramah lingkungan; ditemukan fakta bahwa kebijakan yang dikeluarkan oleh Undang – Undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Daerah, hingga Peraturan Walikota sudah mengatur kendala – kendala yang ditemukan didalam penelitian ini.
Kata Kunci : Peraturan, Kebijakan, Pemugaran, Kota Lama Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:02
Last Modified: 21 Nov 2023 07:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18166

Actions (login required)

View Item View Item