Search for collections on Undip Repository

KEWAJIBAN NEGARA MELINDUNGI HAK KEBEBASAN BERPENDAPAT DI INDONESIA (STUDI KHUSUS TENTANG UJARAN KEBENCIAN). _016 HI 2023

Sebastian, Ivan and Rahayu, Rahayu and Farida, Elfia (2023) KEWAJIBAN NEGARA MELINDUNGI HAK KEBEBASAN BERPENDAPAT DI INDONESIA (STUDI KHUSUS TENTANG UJARAN KEBENCIAN). _016 HI 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hak asasi manusia adalah hak dasar yang dimiliki oleh semua manusia, salah satunya adalah hak kebebasan berpendapat. Adanya prinsip obligations erga omnes membuat setiap negara memiliki kewajiban terhadap hak asasi manusia, salah satunya melindungi hak asasi manusia. Dalam pelaksanaannya hak kebebasan berpendapat dibatasi oleh hukum selama untuk menghormati hak atau nama baik orang lain, melindungi keamanan nasional atau ketertiban umum atau kesehatan atau moral umum. Namun dalam kenyataanya hak kebebasan berpendapat masih sering dilanggar di Indonesia.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif, data yang digunakan adalah data sekunder dan dianalisis secara kualitatif. Kebebasan berpendapat dapat dikategorikan sebagai ujaran kebencian apabila pendapatnya mengandung unsur bersifat permusuhan, penyalahgunaan atau penodaan terhadap suatu agama; menyebarkan informasi yang menimbulkan rasa kebencian dan permusuhan berdasarkan suku, agama, ras, dan antar golongan; menyiarkan kabar yang tidak pasti, berlebihan, atau tidak lengkap sehingga menimbulkan keonaran di masyarakat. Sedangkan implementasi tentang perlindungan hak kebebasan berpendapat di Indonesia adalah pemerintah telah menetapkan berbagai peraturan perundang-undangan. Pemerintah Indonesia juga membatasi hak kebebasan berpendapat agar tidak berlebihan melalui berbagai peraturan perundang-undangan.Namun dalam penerapannya, peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang batasan hak kebebasan berpendapat masih sering disalahgunakan.Ada beberapa peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang batasan hak kebebasan berpendapat yang dirasa perlu untuk adanya revisi agar tidak hanya mengatur tentang larangan atau batasan tapi juga perlindungan terhadap hak kebebasan berpendapat.

Kata Kunci : Hak Kebebasan Berpendapat; Ujaran Kebencian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:11
Last Modified: 21 Nov 2023 03:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18144

Actions (login required)

View Item View Item