Search for collections on Undip Repository

PRAKTIK GREENWASHING OLEH INDUSTRI FAST FASHION H&M DITINJAU DARI PRINSIP SDGs KE-12 RESPONSIBLE CONSUMPTION AND PRODUCTION DAN IMPLEMENTASINYA DI INDONESIA. _018 HI 2023

PRESTIANDINI, PATRICIA DINDA and Trihastuti, Nanik and Hananto, Pulung Widhi Hari (2023) PRAKTIK GREENWASHING OLEH INDUSTRI FAST FASHION H&M DITINJAU DARI PRINSIP SDGs KE-12 RESPONSIBLE CONSUMPTION AND PRODUCTION DAN IMPLEMENTASINYA DI INDONESIA. _018 HI 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fast fashion adalah salah satu bentuk prosuksi industry tekstil yang memproduksi secara cepat dengan jumlah banyak. Fenomena Fast Fashion ini tentu berdampak pada kerusakan lingkungan. Menurut prinsip SDGs ke 12 mengenai Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab, suatu perusahaan harus bergerak menuju keberlanjutan. Untuk mewujudan pembangunan yang berkelanjutan, saat ini perusahaan berlomba-lomba agar bisa mencapai hal tersebut, dengan membentuk marketing hijau. Memasarkan produk sebagai "ramah lingkungan", atau menggunakan deskripsi lain yang menonjolkan atribut atau manfaat lingkungan yang tidak jelas, dibesar-besarkan, mengakibatkan salah tafsir atau tidak dapat dibuktikan (greenwashing) dapat menimbulkan konsekuensi hukum. Hal bisa menjadi pembelajaran bagi Indonesia terlebih karena H&M juga memiliki pabrik dan menjual produknya di indoneisa
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa brand fast fashion H&M telah melakukan praktik greenwashing yang melanggar prinsip hukum internasional seperti prinsip kehati-hatian dan prinsip tindak pencegahan. Hal ini dibuktikan dengan klaim-klaim yang dibesar-besarkan, informasi yang dikaburkan, dan pembentukan image brand yang berlebihan. Disisi lain untuk mencapai keberlanjutan, H&M telah melakukan banyak langkah preventif dan resolutif untuk mencapai target yang tertera pada SDGs ke-12. Walaupun langkah ini hanya berdampak kecil namun H&M tergolong sudah mengambil andil untuk lingkungan. Penulis memberikan saran untuk brand H&M agar lebih transparan dan mengedukasi konsumen terkait keberlanjutan, tentu saja lebih berdampak positif terhadap lingkungan dari pada mencoba untuk membohongi publik dengan informasi yang terlalu dibesar-besarkan. Konsumen juga diharapkan lebih berhati-hati dalam memilah suatu produk, untuk perusahaan agar lebih jujur dan mengedepan
Kata Kunci : Fast Fashion, H&M, Greenwashing, SDGs ke 12, Keberlanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:23
Last Modified: 21 Nov 2023 03:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18124

Actions (login required)

View Item View Item