Search for collections on Undip Repository

Pemberdayaan Desa Wisata Sebagai Upaya Pengembangan Pariwisata Jawa Tengah (Implementasi Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Pemberdayaan Desa Wisata di Provinsi Jawa Tengah) 29PEM2022

FILIANINGSIH, DEWI RATNA (2022) Pemberdayaan Desa Wisata Sebagai Upaya Pengembangan Pariwisata Jawa Tengah (Implementasi Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Pemberdayaan Desa Wisata di Provinsi Jawa Tengah) 29PEM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (207kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version

Download (393kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (840kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian mengenai implementasi kebijakan pemberdayaan desa wisata sebagai upaya untuk meningkatkan pariwisata Jawa Tengah. Dengan menggunakan dasar hukum Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 2 Tahun 2019 tentang Pemberdayaan Desa Wisata di Provinsi Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa implementasi kebijakan tersebut serta kendala yang ditemukan dalam pelaksanaannya.
Untuk mendapatkan data serta menganalisis digunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode pengambilan data berupa wawancara, studi literatur dan observasi. Peneliti dalam menganalisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ditemukan bahwa implementasi Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 2 Tahun 2019 telah berjalan dengan baik serta dalam pengimplementasiannya sesuai dengan aspek-aspek implementasi kebijakan yang baik menurut Mirelle S. Grindle. Faktor eksternal pelaksanaan kebijakan ini adalah pengurus desa wisata, sedangkan aspek internal berasal dari pelaksana kebijakan yakni dari staf Pengembangan Destinasi Wisata (DTW) Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah. Kendala implementasi yakni berhubungan dengan aspek komunikasi pelaksana kebijakan, kepentingan aktor yang terlibat dimana pengurus desa wisata mengatakan ada anggota dewan yang ingin bermain curang, serta kendala yang berasal dari sumber daya pelaksana kebijakan.
Kata Kunci: Pemberdayaan, Desa Wisata, Implementasi Kebijakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:51
Last Modified: 20 Nov 2023 04:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18118

Actions (login required)

View Item View Item