Search for collections on Undip Repository

PERAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN JAWA TENGAH DALAM MENDORONG PARTISIPASI MASYARAKAT UNTUK PENCEGAHAN MALADMINISTRASI DAN PENGAWASAN PELAYANAN PUBLIK DI KOTA SEMARANG 23PEM2022

Wirananda, Rifqi Diagesta (2022) PERAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN JAWA TENGAH DALAM MENDORONG PARTISIPASI MASYARAKAT UNTUK PENCEGAHAN MALADMINISTRASI DAN PENGAWASAN PELAYANAN PUBLIK DI KOTA SEMARANG 23PEM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (207kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (154kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana peran Ombudsman RI Perwakilan Jawa
Tengah dalam mendorong partisipasi masyarakat untuk pencegahan
maladministrasi dan pengawasan pelayanan publik di Kota Semarang. Penelitian
ini menggunakan teori peran, pengawasan, pelayanan publik, partisipasi, dan
maladinistrasi dalam menganalisis peran Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis peran Ombudsman RI Perwakilan
Jawa Tengah dalam mendorong partisipasi masyarkat untuk pencegahan
maladministrasi dan pengawasan pelayanan publik di Kota Semarang serta
mengalisis hambatan yang dihadapi Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dalam pengumpulan datanya
peneliti menggunakan teknik observasi dan teknik wawancara dengan Kepala
Keasistenan Pencegahan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah dan masyarakat
yang berdomisili di Kota Semarang.
Hasil Penelitian ini menemukan bahwa (1) Peran Ombudsman RI Perwakilan Jawa
Tengah dalam mendorong partisipasi masyarakat untuk mencegah maladministrasi
dan pengawasan pelayanan publik di Kota Semarang masih kurang optimal,
dikarenakan kegiatan sosialisasi melalui media sosial Ombudsman masih kurang
dinamika interaksi antara Ombudsman dengan masyarakat dibuktikan dalam
program Pripun Kabaripun, Konco Ombudsman dan Kamis Kuis Manis masih
belum sepenuhnya tanggapan yang diberikan masyarakat melalui kolom komentar
respon semuanya oleh Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah (2) Kendala yang
dihadapi Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah dalam mendorong partisipasi
masyarakat untuk pencegahan maladministrasi dan pengawasan pelayanan publik
di Kota Semarang adalah kurang nya sumber daya manusia serta anggaran dalam
melaksanakan tugas dan fungsinya, yang mengakibatkan Ombudsman kurang
maksimal dalam melakukan sosialisai menggunakan media sosial.
Kata Kunci : Peran, Ombudsman Republik Indonesia, Partisipasi, Maladministrasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:50
Last Modified: 20 Nov 2023 03:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18105

Actions (login required)

View Item View Item