ABDULLAH, Muhammad Hanif (2023) THE EFFECT OF INTERNAL MARKETING ON EXTERNAL MARKETING OF JANJI JIWA. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Text (Cover)
1._S___Cover___12010116140229.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010116140229.pdf - Published Version Download (263kB) |
|
Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010116140229.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010116140229.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010116140229.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010116140229.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Dalam lanskap bisnis yang kompetitif saat ini, di mana persepsi pelanggan dan
loyalitas merek sangat penting bagi kesuksesan, hubungan simbiosis antara pemasaran
internal dan eksternal telah mendapatkan banyak perhatian. Tesis ini menyelidiki dinamika
menarik antara strategi pemasaran internal dan dampaknya terhadap hasil pemasaran
eksternal dalam konteks Janji Jiwa, sebuah perusahaan Makanan & Minuman (F&B) yang
dinamis.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengungkap hubungan rumit antara inisiatif
pemasaran internal perusahaan dan dampaknya terhadap kinerja pemasaran eksternal. Dengan
memanfaatkan pendekatan metode campuran, penelitian ini mencakup analisis kualitatif
praktik pemasaran internal di Janji Jiwa, yang mencakup keterlibatan karyawan, budaya
organisasi, pelatihan, dan komunikasi. Melengkapi hal ini, evaluasi kuantitatif dilakukan
untuk mengukur dampak selanjutnya terhadap metrik pemasaran eksternal, termasuk
kepuasan pelanggan, loyalitas merek, dan pangsa pasar.
Temuan penelitian ini menjelaskan peran penting pemasaran internal sebagai katalis
untuk membentuk upaya pemasaran eksternal. Dengan membina lingkungan kerja yang
kondusif, memupuk motivasi karyawan, dan menumbuhkan tujuan bersama ('Janji Jiwa'),
perusahaan dapat secara efektif mempengaruhi kualitas interaksi dan pengalaman pelanggan.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan berharga mengenai mekanisme
penyebaran strategi pemasaran internal ke eksternal, sehingga meningkatkan posisi pasar dan
keunggulan kompetitif Janji Jiwa.
Penelitian ini tidak hanya berkontribusi pada wacana teoritis tentang keterkaitan
antara pemasaran internal dan eksternal namun juga menawarkan implikasi praktis bagi
bisnis F&B seperti Janji Jiwa yang bertujuan untuk mengoptimalkan pendekatan pemasaran
holistik mereka. Menyadari sifat pemasaran yang holistik, dimana aspek internal saling
terkait dengan aspek eksternal, terbukti penting bagi bisnis yang mencari pertumbuhan dan
diferensiasi berkelanjutan di pasar yang semakin cerdas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran Internal, Pemasaran Eksternal |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 02:33 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 02:33 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18094 |
Actions (login required)
View Item |