Search for collections on Undip Repository

PARTISIPASI MASYARAKAT KOTA SEMARANG DIERA DIGITAL : EFEKTIVITAS PROGRAM LAPOR HENDI 13PEM2022

Roostam, Bernadetta Venezia (2022) PARTISIPASI MASYARAKAT KOTA SEMARANG DIERA DIGITAL : EFEKTIVITAS PROGRAM LAPOR HENDI 13PEM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (702kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (340kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (557kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (244kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)

Abstract

Program SP4N-LAPOR! yang berawal dari inisiasi pemerintah pusat ini,
kemudian diimplementasikan di sejumlah kota di Indonesia termasuk Kota
Semarang. Kemudian pada tahun 2016, program ini rebranding menjadi Lapor
Hendi yang disesuaikan dengan nama Walikota Semarang Hendrar Prihadi.
Sebagai pembeda dengan sistem dari pusat, ditambahkan kanal-kanal berbasis
media sosial dan kanal kedaruratan Call Center 112. Hal ini menarik untuk diteliti
karena berkenaan dengan partisipasi masyarakat secara elektronik, terutama pada
pengaruhnya dalam perbaikan pelayanan publik dan kinerja pemerintah.Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program Lapor Hendi sebagai wujud
partisipasi masyarakat Kota Semarang di era digital dalam perspektif good
governance. Teori yang digunakan yaitu, good governance dengan indikator
transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas. Kemudian terdapat pula teori eparticipation
dengan
tingkatan
e-enabling,
e-engagement,
dan
e-empowering.

Penelitian

dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data dengan melakukan wawancara dengan sejumlah informan,
Kepala Seksi Pengelolaan Aspirasi Dan Informasi Dinas Komunikasi,
Informatika, Statistik dan Persandian Kota Semarang, selaku seksi yang
membawahi bidang-bidang pelaksana program Lapor Hendi, serta pegawaipegawai
P3M
dan
Call
Center
112.
Kemudian
terdapat
narasumber
dari
beberapa

relawan

yang berpartisipasi dalam program ini, yaitu dari Ubaloka Pramuka,
Bankompolrestabes, dan FKPM Sriti. Terakhir, terdapat perwakilan dari Pattiro
Semarang.

Hasil penelitian menemukan bahwa, efektivitas program Lapor Hendi sebagai
wujud partisipasi masyarakat Kota Semarang dilihat dari tiga indikator good
governance yang ada berjalan cukup efektiv. Disisi lain, tingkat partisipasi
elektronik masyarakat Kota Semarang pada program Lapor Hendi telah memenuhi
semua seluruh tingkatan yaitu, e-enabling, e-engagement, dan e-empowering.
Saran yang peneliti berikan antara lain yaitu, menyeragamkan format laporan di
semua kanal, membuat sistem yang ramah kaum disabilitas, serta memberikan
autoreply untuk semua kanal.

Kata Kunci : E-Participation, Efektivitas, Lapor Hendi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:53
Last Modified: 17 Nov 2023 07:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18069

Actions (login required)

View Item View Item