Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI KEWAJIBAN NEGARA MEMENUHI HAK ATAS PENDIDIKAN DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS KABUPATEN BEKASI). _024 HI 2023

Dzulkarnaen, Mochamad Mirzan and Rahayu, Rahayu and Farida, Elfia (2023) IMPLEMENTASI KEWAJIBAN NEGARA MEMENUHI HAK ATAS PENDIDIKAN DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS KABUPATEN BEKASI). _024 HI 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hak atas pendidikan merupakan salah satu hak dasar setiap warga negara, oleh karena itu pendidikan merupakan salah satu bentuk hak asasi manusia yang harus dipenuhi oleh negara. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kebijakan pemenuhan hak atas pendidikan dasar pada masa pandemi Covid-19 serta bagaimana pelaksanaan kewajiban negara dalam memenuhi hak atas pendidikan di Kabupaten Bekasi pada masa pandemi Covid-19. Metode pendekatan yang digunakan adalah sosio-legal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pemenuhan hak atas pendidikan dasar pada masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Bekasi adalah pemerintah memberikan kebijakan melaksanakan pendidikan dengan cara belajar dari rumah (BDR), pendidikan jarak jauh (PJJ) atau daring (online) sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku yang dikeluarkan oleh Presiden, Menteri dan Pemerintah Daerah. Dalam pelaksanaannya pemerintah memberikan bantuan melalui dinas terkait berupa kuota gratis bagi peserta didik untuk menunjang pembelajaran dan terpenuhinya hak atas pendidikan dasar di masa pandemi Covid-19, akan tetapi pada saat pelaksanaannya terdapat kendala bagi siswa sekolah dasar di Kabupaten Bekasi. Hal tersebut dikarenakan belum tersedianya tenaga pendidik yang belum menguasai atau terlatih untuk menyelenggarakan proses pembelajaran secara daring (online) serta sarana dan prasana yang belum menunjang untuk terlaksanakannya pembelajaran tersebut, belum adanya kurikulum khusus yang sesuai dengan proses pembelajaran secara daring (online), kurangnya minat siswa untuk mengikuti proses pembelajaran secara daring (online) karena proses pembelajaran secara daring (online) belum terstruktur sehingga siswa bingung dan tidak mengerti tentang proses pembelajaran tersebut.

Kata Kunci: Hak Atas Pendidikan, Covid-19, Kabupaten Bekasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:32
Last Modified: 20 Nov 2023 03:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18066

Actions (login required)

View Item View Item