Search for collections on Undip Repository

LEGISLATOR MILENIAL DAN CITRA DPRD KOTA SURAKARTA PERIODE 2019 – 2024 02PEM2022

Cahyaningtyas, Annisa Hafis (2022) LEGISLATOR MILENIAL DAN CITRA DPRD KOTA SURAKARTA PERIODE 2019 – 2024 02PEM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (285kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (329kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (270kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai peran legislator millennial dalam mengembalikan citra positif DPRD Kota Surakarta Periode 2019 - 2024. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat bagaimana kemampuan peran legislator millenilal dalam mengembalikan citra positif wakil rakyat DPRD Kota Surakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan Theory of Reasoned Action ( TRA ) atau teori tindakan beralasan untuk . Pengumpulan data menggunakan wawancara kepada empat anggota legislator millennial DPRD Kota Surakarta periode 2019 - 2024, Ketua Komisi, Ketua Fraksi, Ketua DPRD Kota Surakarta, dan 8 orang masyarakat peserta reses pada seluruh legislator millenial. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dalam penelitian ini ditemukan adanya ketidakaktifan legislator millennial dalam kegiatan rapat, kurangnya tinjauan lanjut dari aspirasi yang diterima dari masyarakat, dan ketidakpatuhan terhadap kehadiran di kantor pada jam kerja. Namun disisi lain, legislator millennial DPRD Kota Surakarta periode 2019 – 2024 sudah mampu memberikan keterbukaan dalam penerimaan aspirasi kepada masyarakat.
Maka dari itu, hasil penelitian menunjukkan jika legislator millennial DPRD Kota Surakarta pada periode 2019 – 2024 ini masih kurang dalam usaha pengembalian citra positif DPRD Kota Surakarta. Hal ini dikarenakan hanya satu aspek yang terlaksana yaitu aspek keterbukaan dalam penerimaan aspirasi melalui reses, public hearing dan kegiatan diluar kerja. Sedangkan dua aspek feedback yang diberikan dan kepatuhan dalam menaati peraturan belum terlihat dalam kinerjanya. Dua aspek yang belum terpenuhi menimbulkan penilaian masyarakat tidak berubah terhadap DPRD Kota Surakarta berdasarkan kinerja legislator millennial saat ini.

Kata kunci : Legislator Millennial, Citra, DPRD Kota Surakarta

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 17 Nov 2023 05:02
Last Modified: 17 Nov 2023 05:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18046

Actions (login required)

View Item View Item