Search for collections on Undip Repository

Implementasi Kebijakan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2016 Dalam Perspektif Keamanan Lingkungan 99 HI 2022

MARPAUNG, SARAI CASANDRA YUSTIKA MARTHA (2022) Implementasi Kebijakan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2016 Dalam Perspektif Keamanan Lingkungan 99 HI 2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (9MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (9MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Adanya peluang ekonomi besar dan peningkatan devisa dalam perindustrian merupakan salah satu kepentingan negara untuk ikut memastikan bahwa perkembangan industri ini dalam kondisi stabil dan terpantau dengan baik demi pembangunan ekonomi nasional. Tidak terlepas juga kaitannya terhadap pemenuhan bahan baku untuk keperluan industri terutama bagi industri daur ulang. Kehadiran dari industri daur ulang ini menjadi alasan untuk negara melakukan impor limbah demi mennjamin pemenuhan kebutuhan bahan baku bekas. Adapun regulasi terkait ketentuan impor limbah ini dibuat dengan tujuan agar kendala dalam ketersedian bahan baku tidak menjadi penghambat bagi perindustrian dan juga pada pertumbuhan ekonomi. Dengan munculnya kebijakan yang mengatur tentang limbah impor Non B3 merupakan bentuk upaya negara untuk hadir dan bertanggung jawab dalam pertumbuhan eknomi yang sedang terjadi.
Tujuanpenelitian ini ialah untuk menggambarkan peran negara melalui kebijakan limbah impor non B3 dan menjelaskan implementasi dari kebijakan tersebut.Dalam menjawab permasalahan dan tujuan penelitian berpedoman pada kerangka pemikiran dari Edwards III yakni berhasilnya suatu kebijakan dipengaruhi oleh aspek komunikasi, sumberdaya manusia, disposisi dan struktur birokrasi.Adapunmetode yang digunakan ialah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif analisis dan objek penelitian ini ialah implementasi kebijakan limbah impor di pelabuhan Tanjung Priok periode 2016-2019.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan ketentuan limbah impor Non B3 Tahun 2016 sebagai bentuk dari intervensi negara dalam perindustrian masih belum berjalan dengan baik karena adanya multiinterpretasi dalam komunikasai, terbatasnya kualitas sumberdaya manusia, ketidaktegasan sikap, dan tidak adanya penyebaran tanggungjawab. Kebijakan ini diharapakan untuk dievaluasi kembali guna mempertegas aturan beserta pengawasan terhadap limbah impor.Dengan begitu diharapkan dapat mengurangi permasalahan masuknya limbah impor jenis B3 dan tidak menghambat perkembangan perindustrian daur ulang.

Kata kunci: peran negara, implementasi kebijakan,limbah impor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 17 Nov 2023 04:04
Last Modified: 17 Nov 2023 04:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18033

Actions (login required)

View Item View Item