Search for collections on Undip Repository

PENGENAAN BEA MASUK ANTI DUMPING TERHADAP HOT ROLLED COIL OF OTHER ALLOY TIONGKOK OLEH PEMERINTAH INDONESIA DITINJAU DARI ANTI DUMPING AGREEMENT._028 HI 2023

Anindita, Kartika and Trihastuti, Nanik and Hananto, Pulung Widhi Hari (2023) PENGENAAN BEA MASUK ANTI DUMPING TERHADAP HOT ROLLED COIL OF OTHER ALLOY TIONGKOK OLEH PEMERINTAH INDONESIA DITINJAU DARI ANTI DUMPING AGREEMENT._028 HI 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dumping adalah praktek perdagangan yang menjual produk ke Negara lain dengan harga yang lebih murah dari negaranya sendiri. Praktek dumping dapat mengakibatkan kerugian bagi industri barang sejenis dalam negeri. Negara yang terbukti melakukan praktek dumping dapat dikenakan bea masuk anti dumping (BMAD). Pemberian pengenaan Bea Masuk Anti Dumping perlu memperhatikan terkait faktor-faktor tertentu. Penulis menganalisa berdasarkan kasus impor Hot Rolled Coil of Other Alloy Tiongkok. Permasalahan yang diteliti dalam penulisan hukum ini mengenai apakah impor HRC Alloy Tiongkok terbukti dijual dengan harga dumping dan apakah pengenaan Bea Masuk Anti Dumping HRC Alloy Tiongkok tidak melanggar ketentuan dalam Anti Dumping Agreement.
Metode pendekatan yang dilakukan dalam penulisan hukum ini yaitu yuridis normatif. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis, metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan, data yang digunakan yaitu data sekunder. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa HRC Alloy Tiongkok terbukti dijual dengan harga dumping. Sekalipun pemerintahTiongkok memberikan rabat ekspor terhadap produk HRC Alloy, harga jual produk tetap memiliki margin dumping lebih dari 4%, yang artinya melebihi dumping de minimis dalam Anti Dumping Agreement yaitu sebesar 2%. Pengenaan Bea Masuk Anti Dumping HRC Alloy Tiongkok yang dilakukan oleh Indonesia tidak melanggar ketentuan dalam Anti Dumping Agreement. Prosedur penyelidikan yang dilakukan oleh Komite Anti Dumping Indonesia (KADI) selaku otoritas yang berwenang, telah sesuai dengan pengaturan yang ada dalam Anti Dumping Agreement. Laporan data utama dan laporan hasil akhir yang dikeluarkan sebagai hasil penyelidikan oleh KADI telah menunjukkan adanya hubungan kausalitas antara impor HRC Alloy Tiongkok dengan kerugian yang dialami Industri Dalam Negeri.

Kata kunci: Anti Dumping, Bea Masuk Anti Dumping, Hot Rolled Coil of Other Alloy

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:56
Last Modified: 20 Nov 2023 03:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18003

Actions (login required)

View Item View Item