Search for collections on Undip Repository

PELANGGARAN WILAYAH UDARA INDONESIA OLEH PESAWAT SIPIL ASING TIDAK BERJADWAL (STUDI KASUS PESAWAT VOR06 NOMOR REGISTRASI G-DVOR TIPE DA62 DARI MALAYSIA TAHUN 2022) _030 HI 2023

MAHARANI, ANINDYA PUSPA and Prabandari, Adya Paramita and Susetyorini, Peni (2023) PELANGGARAN WILAYAH UDARA INDONESIA OLEH PESAWAT SIPIL ASING TIDAK BERJADWAL (STUDI KASUS PESAWAT VOR06 NOMOR REGISTRASI G-DVOR TIPE DA62 DARI MALAYSIA TAHUN 2022) _030 HI 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelanggaran wilayah udara oleh suatu pesawat udara asing merupakan suatu hal yang krusial bagi setiap negara dibawahnya. Ruang udara sebagai salah satu wilayah kedaualatan udara yang mempunyai hak eksklusif dan melekat, seperti mengatur lalu lintas udara internasional. Pengaturan hukum udara ditandai dengan adanya sebuah konferensi penerbangan sipil internasional yang menghasilkan sebuah konvensi dikenal sebagai Konvesi Chicago 1944. Indonesia mengadopsi ketentuan terhadap pelanggaran wilayah udara berdasarkan Konvensi ke dalam aturan hukum nasional menjadi Undang-UndangNo. 1Tahun 2009 tentang Penerbangan. Pada Mei 2022, terjadinya pelanggaran wilayah udara yang dilakukan Pesawat VOR06 Nomor Registrasi G-DVOR Tipe DA62 berasal dari Malaysia. Pesawat tersebut melewati yurisdiksi Indonesia tanpa adanya izin terlebih dahulu kepada pihak Air Traffic Control (ATC) wilayah Indonesia. Metode pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu yuridis normatif. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan metode pengumpulan data melalui studi kepustakaan, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan kasus tersebut, pemerintah Indonesia melakukan upaya preventif dan represif terhadap pesawat sipil asing tidak berjadwal saat memasuki wilayah udara Indonesia tanpa izin. Kemudian, dilakukan analisa dan antisipasi pemerintah Indonesia terhadap kasus yang dilakukan oleh pesawat sipil asing tidak berjadwal. Sehingga perlu adanya tindakan secara tegas oleh TNI-AU yang dapat menangkap dan menghalau pesawat udara asing saat memasuki wilayah udara Indonesia, agar tidak terjadi pelanggaran kembali yang dapat dilakukan oleh pesawat udara asing baik pesawat sipil, negara maupun militer.

Kata Kunci: PelanggaranWilayah Udara Indonesia, Pesawat Sipil Asing Tidak Berjadwal, TNI-AU

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:55
Last Modified: 20 Nov 2023 03:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17992

Actions (login required)

View Item View Item