Riffari, Mokhamad Januar (2022) PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-SATISFACTION TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN KEMBALI APLIKASI MY BLUEBIRD (Studi pada Masyarakat DKI Jakarta) 134adbis2022. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
Cover.pdf - Submitted Version Download (520kB) |
|
Text
Bab I.pdf - Submitted Version Download (966kB) |
|
Text
Bab II.pdf - Submitted Version Download (691kB) |
|
Text
Bab III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (989kB) |
|
Text
Bab IV.pdf - Submitted Version Download (189kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (308kB) |
|
Text
Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi memberikan pengaruh yang besar terhadap
perkembangan bisnis layanan jasa transportasi di indonesia. Salah satu
perubahannya berupa pelayanan berbasis online. Bluebird sebagai salah satu
perusahaan jasa transportasi terbesar di Indonesia mengimplementasikan hal
tersebut melalui aplikasi My Bluebird. Kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan
menjadi salah dua faktor penting yang harus terus ditingkatkan, agar para pengguna
aplikasi My Bluebird dapat terus memiliki kemauan menggunakan kembali aplikasi
tersebut. Hal tersebut bertujuan untuk semakin meningkatkan daya saing dengan
para kompetitornya seperti Gojek dan Grab yang memiliki lebih banyak peminat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality dan esatisfaction
terhadap minat menggunakan kembali aplikasi My Bluebird.
Explanatory Research menjadi tipe penelitian yang digunakan dan purposive
sampling menjadi teknik pengambilan sampel. Sampel yang digunakan ialah 100
responden yang pernah melakukan transaksi minimal 2 kali dalam 6 bulan terakhir
menggunakan aplikasi My Bluebird. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji
reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, linier sederhana, dan uji t
dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 25. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan
terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel e-service quality terhadap
variabel minat menggunakan kembali, terdapat pengaruh positif dan signifikan
antara variabel e-satisfaction terhadap variabel minat menggunakan kembali serta
terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel e-service quality dan esatisfaction terhadap variabel minat menggunakan
kembali.
Kata Kunci: E-Service Quality, E-Satisfaction, Minat Menggunakan Kembali
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 08:54 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 08:54 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17976 |
Actions (login required)
View Item |