Rahmawati, Adinda Fitri (2022) PENGARUH BRAND PRESTIGE DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI BRAND ATTITUDE (STUDI PADA KONSUMEN IPHONE DI KOTA YOGYAKARTA) 127adbis2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (539kB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (760kB) |
|
Text
BAB 2.pdf - Submitted Version Download (207kB) |
|
Text
BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (707kB) |
|
Text
BAB 4.pdf - Submitted Version Download (14kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (248kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (805kB) |
Abstract
Pada era perkembangan teknologi ini, penggunaan smartphone di Indonesia
diprediksi akan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Semakin ketatnya
persaingan menyebabkan beberapa perusahaan mengalami penurunan penjualan
dan akhirnya gulung tikar, merek yang masih bertahan diharuskan untuk tetap
mengembangkan inovasi dengan menciptakan keunggulan bersaing dibandingka n
kompetitornya. Terdapat merek ponsel yang cukup terkenal di kalangan masyarakat
Indonesia yaitu iPhone. IPhone dikenal sebagai merek yang mewah dan bergengsi
berupaya menjaga kualitas produknya untuk mempertahankan merek agar tetap
diminati dan mendapat sikap positif konsumen ditengah ketatnya persaingan.
Sehingga tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh brand prestige dan
perceived quality terhadap purchase intention melalui brand attitude. Pengaruh
antara variabel bebas, variabel terikat, dan variabel mediasi pada penelitian akan
diuji. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non-probability
sampling yaitu dengan purposive sampling, sehingga didapatkan jumlah responden
sebanyak 200 responden yang telah mengisi kuesioner. Tipe penelitian ini adalah
explanatory research dengan pengolahan data menggunakan aplikasi perangkat
komputer SPSS 28.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand prestige dan
perceived quality masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap
brand attitude. Variabel brand prestige dan perceived quality masing-masing juga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Lalu variabel brand
prestige dan perceived quality melalui brand attitude dari hasil pengaruh tidak
langsung, masing-masing menunjukkan hasil yang positif dan signifikan. Ini artinya
brand attitude mampu berperan sebagai mediator tiap hubungan secara parsial.
Kata Kunci : Brand Prestige, Perceived Quality, Brand Attitude, dan Purchase Intention
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 07:46 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 07:46 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17967 |
Actions (login required)
View Item |