Search for collections on Undip Repository

VOLATILITAS MATA UANG KRIPTO MELALUI PERHITUNGAN VALUE AT RISK (VaR) MENGGUNAKAN MODEL THRESHOLD GENERALIZED AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROSCEDASTICITY (TGARCH)

Clarissa, Devina Enriski (2023) VOLATILITAS MATA UANG KRIPTO MELALUI PERHITUNGAN VALUE AT RISK (VaR) MENGGUNAKAN MODEL THRESHOLD GENERALIZED AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROSCEDASTICITY (TGARCH). Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
Pendahuluan - Devina EC - Devina Clarissa.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Isi - Devina EC - Devina Clarissa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Dafpus - Devina EC - Devina Clarissa.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada skripsi ini dibahas pengaplikasian model matematika dari masalah volatilitas berinvestasi pada aset keuangan digital melalui dua aset mata uang kripto yang popular di Indonesia yaitu Ethereum dan Binance dengan karakteristik pada data yang memiliki pergerakan harga harian sangat fluktuatif. Untuk menentukan pergerakan harga dan kerugian maksimum yang diperoleh oleh investor, Skripsi ini menggunakan model Threshold Generalized Autoregressive Conditional Heteroscedasticity (TGARCH) dan metode Value at Risk (VaR) untuk memprediksi volatilitas pada pasar mata uang kripto. Menggunakan sampel sebanyak 942 hari untuk setiap mata uang kripto, skripsi ini memperoleh model TGARCH(2,2) untuk Ethereum dan TGARCH(2,2) untuk Binance dengan besaran volatilitas pada model terbaik masing-masing aset digunakan untuk mencari nilai kerugian maksimum pada perhitungan VaR. Studi kasus yang dibahas menunjukkan bahwa TGARCH merupakan salah satu model terbaik yang dapat digunakan untuk mengestimasi kerugian maksimum pada investasi dengan menggunakan perhitungan VaR pada tingkat kepercayaan 95%. Secara keseluruhan, penelitian mengenai volatilitas mata uang kripto merupakan penelitian yang penting untuk investor dan analis keuangan. Memahami volatilitas mata uang kripto akan menghasilkan keputusan yang tepat pada aset keuangan yang sedang berkembang ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:58
Last Modified: 21 Nov 2023 05:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17954

Actions (login required)

View Item View Item