Search for collections on Undip Repository

URGENSI PEMBENTUKAN BADAN KHUSUS PENGAWAS PELAKSANAAN PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI DAN PERINTAH PAKSA (JUDICIAL ORDERS)._066 HTN 2023

Halawa, Sefael Rolando Ogamotha and Wardhani, Lita Tyesta Addy Listya and Pinilih, Sekar Anggun Gading (2023) URGENSI PEMBENTUKAN BADAN KHUSUS PENGAWAS PELAKSANAAN PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI DAN PERINTAH PAKSA (JUDICIAL ORDERS)._066 HTN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putusan yang dihasilkan oleh Mahkamah Konstitusi memiliki sifat final dan berdampak luas, berlaku untuk semua orang, dan bukan hanya bagi pihak yang sedang bersengketa. Keputusan tersebut harus didasarkan pada nilai-nilai filosofis, memiliki nilai kepastian hukum yang mengikat, dan berlandaskan pada prinsip-prinsip keadilan. Namun, masalah timbul ketika lembaga negara dan pihak-pihak yang terikat dengan hukum tidak patuh dalam melaksanakan Putusan Mahkamah Konstitusi. Hal ini menjadi tantangan dalam memastikan kepatuhan terhadap putusan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi ketidakpatuhan terhadap Putusan Mahkamah Konstitusi serta menganalisis dan mengkaji gagasan pembentukan Badan Khusus Pengawas Pelaksanaan Putusan Mahkamah Konstitusi (judicial order). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridisnormatif yaitu metode penelitian berdasarkan peraturan perundang-undangan dan implementasinya.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya ketidakpatuhan terhadap Putusan Mahkamah Konstitusi yang dilakukan secara normatif dan praksis, disebabkan oleh tidak adanya badan atau instrumen hukum yang menjamin pelaksanaan Putusan tersebut dan hal tersebut menimbulkan ketidakadilan bagi para pemohon dan warga negara yang hak konstitusionalnya dilanggar oleh kebijakan – kebijakan pemerintah.
Melihat keberadaan dari kondisi dan berbagai bentuk ketidakpatuhan terhadap pelaksanaan Putusan Mahkamah Konstitusi, maka diperlukan adanya sebuah solusi ketatanegaraan yaitu gagasan pembentukan badan khusus pengawas pelaksanaan Putusan Mahkamah Konstitusi untuk mewujudkan dan meningkatkan kepatuhan seluruh adressat hukum atas kepatuhan pelaksanaan Putusan Mahkamah Konstitusi dan memiliki kewenangan judicial order untuk memaksa pelaksanaan Putusan Mahkamah Konstitusi, serta melakukan penelitian yang bersifat empiris secara komperhensif.

Kata Kunci :Mahkamah Konstitusi, Ketidakpatuhan Putusan Mahkamah
Konstitusi ,Badan Khusus Pengawas, Judicial Order

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:46
Last Modified: 16 Nov 2023 02:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17945

Actions (login required)

View Item View Item