Search for collections on Undip Repository

PENGARUH E-QUALITY PRODUCT, E-PROMOTION DAN E-WORD OF MOUTH TERHADAP E-BUYING DECISION (Pengguna Shopee Mahasiswa Strata I FISIP Universitas Diponegoro) 117bisnis2022

Rahma, Zulfa (2022) PENGARUH E-QUALITY PRODUCT, E-PROMOTION DAN E-WORD OF MOUTH TERHADAP E-BUYING DECISION (Pengguna Shopee Mahasiswa Strata I FISIP Universitas Diponegoro) 117bisnis2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Submitted Version

Download (330kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (924kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (136kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (158kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)

Abstract

Pesatnya pertumbuhan e-commerece di Indoneesia menjadi salah satu
penyebab ketatnya persaingan marketplace. Trend berbelanja online yang telah
merebak keseluruh lapisan dalam masyarakat menyebabkan e-commerce berlomba
untuk menjadi unggul satu sama lainnya. Saat ini Shopee berusaha menjadi
marketplace nomor satu di Indonesia meskipun kalah unggul oleh performa Lazada
berdasarkan data Top Brand Index. Salah satu produk paling dicari dalam Shopee
adalah produk fashion dan paling diminati produk fashion Shopee Mall karena lebih
terjamin dan terpercaya kualitas dan originalitas produknya. Pendapatan Shopee
yang fluktuatif pada tahun 2022 dan juga hutang yang membengkak meskipun
pendapatan tahun 2022 meningkat dibanding tahun 2021. Maka diduga faktor yang
menyebabkan fluktuasi tersebut adalah e-quality product, e-promotion, dan e-word
of mouth.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh e-qualaity product, epromotion,

e-word of mouth terhadap e-buying decision pada konsumen produk
fashion Shopee Mall dikalangan mahasiswa Strata I Fisip Undip. Tipe penelitian
yang digunakan adalah eksplanatory research dengan teknik pengambilan sampel
yaitu non probability sampling, pendekatan sampling incidental dan sampling
purposive. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden konsumen produk
fashion Shopee Mall dikalangan mahasiswa Strata I Fisip Undip. Data dikumpulkan
dengan cara menyebarkan kuesioner melalui platform online dan juga mendatangi
langsung sampel. Penelitian ini menggunakan SPPS versi 26 beserta analisis
kuantitatif. Analisis yang dilakukan meliputi uji validitas, reliabilitas, koefisien
korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana dan berganda, signifikansi uji t
dan uji f.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-quality product, e-promotion, eword
of
mouth
secara
parsial
mempengaruhi
e-buyjng
decision.
E-quality
product

menyumbang
20,92%
terhadap
e-buying
decisin,
e-ormotion
menyumbang
sebesar

41,10%,

dan e-word of mouth menyumbang sebesar 35,40% terhadap e-buying
decision. ketiga variabel secara simultan mempengaruhi e-buying decision
menyumbang sebesar 46,20%.
Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan agar Shopee Mall dapat lebih
flexible mengenai penggunaan promo yang ditawarkan, meningkatkan kecepatan
pengiriman produk agar tidak melebihi estimasi pengiriman dan memberikan
kualifikasi bagi seller untuk memberikan informasi lebih detail dan jelas serta
mudah diakses konsumen. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan informasi yang
positif di dalam masyarakat. Selain itu juga memerlukan riset lebih lanjut untuk
menentukan harga produk yang tepat sesuai dengan target pasar.

Kata kunci : e-quality prdoct, e-promotion, e-word of mouth dan e-buying decision

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:45
Last Modified: 15 Nov 2023 02:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17943

Actions (login required)

View Item View Item