Handyana, Savira Widya (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PEACOCKOFFIE GOMBEL SEMARANG 111adbis2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
COVER SKRIPSI.pdf - Submitted Version Download (840kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (752kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (391kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (125kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kedai kopi merupakan salah satu bisnis kuliner yang saat ini sedang trend.
Dengan banyaknya kedai kopi yang bermunculan di Semarang,untuk
mempertahankan eksistensinya maka para pengusaha berlomba-lomba bersaing
untuk memperebutkan konsumen. Salah satu kunci utama untuk memenangkan
persaingan adalah dengan menciptakan kepuasan konsumen yang tinggi.
Kepuasan konsumen yang tinggi dapat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang
baik dan kualitas produk yang baik. Namun, pada kenyataannya tidak semua kedai
kopi memiliki tingkat kepuasan konsumen yang tinggi termasuk Peacockoffie
Gombel Semarang.
Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Populasi dari
penelitian ini adalah seluruh konsumen yang sudah melakukan pembelian
makanan atau pun minuman di Peacockoffie Gombel Semarang. Teknik
pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling, sampel
yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Peacockoffie Gombel
Semarang yang sudah pernah melakukan pembelian dan mengkonsumsi produk
minimal 2 kali dalam 3 bulan. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100
responden. penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan uji validitas, uji
reliabilitas, tabulasi silang, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi
sederhana, regresi berganda, uji t dan uji F dengan bantuan Microsoft excel dan
SPSS Versi 28.0.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, begitu juga dengan kualitas
produk yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen,
serta terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan
kualitas produk terhadap kepuasan konsumen.
Adapun saran yang diberikan kepada pihak Peacockoffie Gombel Semarang
pada aspek kualitas pelayanan adalah dengan memberikan space yang lebih besar
lagi antar meja satu dengan meja lainnya, fasilitas umum seperti toilet lebih dijaga
kebersihannya dan memberikan pewangi ruangan, melakukan service AC setiap
bulannya, menyewa lahan parkir, ditambahkan lagi karyawan yang berjaga,
diharapkan karyawan lebih meningkatkan lagi rasa empati. Sedangkan untuk
aspek kualitas produk adalah lebih memperhatikan kembali takaran yang sudah
ditentukan untuk meciptakan rasa yang konsisten, melakukan inovasi pada produk
makanan dan minuman serta penyajiannya.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 07:44 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 07:44 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17935 |
Actions (login required)
View Item |