Search for collections on Undip Repository

Uji Aktivitas Ekstrak Etanol 96% Rumput Laut Cokelat (Sargassum hystrix) Terhadap Kadar HDL (High-Density Lipoprotein) Dan TG (Trigliserida) Pada Tikus Dislipidemia

Halim, Sofyan Rahmadhani and Sunarsih, Endang Sri and Nindita, Yora (2023) Uji Aktivitas Ekstrak Etanol 96% Rumput Laut Cokelat (Sargassum hystrix) Terhadap Kadar HDL (High-Density Lipoprotein) Dan TG (Trigliserida) Pada Tikus Dislipidemia. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak-Thesis)
Abstrak-Thesis.pdf

Download (67kB)

Abstract

Sargassum hystrix merupakan salah satu makroalga cokelat, memiliki senyawa aktif serta metabolit sekunder yang diduga sebagai antidislipidemia. Pada penelitian sebelumnya pemberian fraksi etanol Sargassum angustifolium dapat menaikkan HDL dan menurunkan trigliserida, namun Sargassum hystrix dalam menaikkan HDL dan penurunan trigliserida masih belum banyak ditemukan. Untuk mengetahui aktivitas serta dosis efektif Sargassum hystrix dalam menaikkan kadar HDL dan menurunkan kadar trigliserida pada tikus dislipidemia. Penelitian diawali dengan pembuatan serbuk, maserasi etanol 1:10 dengan remaserasi sebanyak 2 kali, dan pengentalan ekstrak. Penelitian dilanjutkan dengan pre-post test only control group design, menggunakan 6 kelompok eksperimental dengan 3 kelompok perlakuan dosis 100, 300, dan 500mg/kgBB, serta masing-masing 1 kelompok kontrol normal, negatif, dan positif. Selanjutnya analisis menggunakan T-Paired test, One-Way Annova, dan non parametrik Kruskal-Wallis dengan nilai signifikansi (p ≤ 0,05). Hasil kadar garam ekstrak Sargassum hystrix yaitu 7%. Hasil pada uji antidislipidemia Sargassum hystrix didapatkan pada dosis 500mg/kgBB untuk HDL mendapatkan selisih kenaikan tertinggi yaitu 11,90±0,49 mg/dl (p=0,073) dengan kenaikan HDL sebesar 33% dan untuk trigliserida mendapatkan selisih penurunan terbanyak 53,18±0,60 mg/dl (p=0,001) dengan penurunan trigliserida sebesar 43%. Ekstrak Etanol Rumput Laut Cokelat (Sargassum hystrix) memiliki aktivitas terhadap menaikkan kadar HDL serta dapat menurunkan kadar trigliserida terhadap tikus dislipidemia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dislipidemia, HDL, Sargassum hystrix, Trigliserida
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:29
Last Modified: 30 Nov 2023 07:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17919

Actions (login required)

View Item View Item