Search for collections on Undip Repository

A CASE STUDY OF VARIAS’ INTERNATIONAL MARKETING STRATEGY TO ENTER THE DALLAS MARKET

DEWANTORO, Raden Mas Bimo (2023) A CASE STUDY OF VARIAS’ INTERNATIONAL MARKETING STRATEGY TO ENTER THE DALLAS MARKET. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12010118190239.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010118190239.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010118190239.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010118190239.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010118190239.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010118190239.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Seiring dengan bisnis berusaha untuk tumbuh dan meningkatkan
profitabilitas, memperluas ke pasar baru menghadirkan peluang yang menarik.
Dengan mencoba masuk ke wilayah yang belum tergarap, perusahaan dapat
menjangkau basis pelanggan baru, mengakses aliran pendapatan baru, dan
memperluas keberadaan merek tersebut. Namun, memasuki pasar baru
memerlukan perencanaan dan pelaksanaan yang cermat untuk memastikan
kesuksesan, yang melibatkan riset pasar menyeluruh, mengadaptasi strategi agar
sesuai dengan lingkungan lokal, serta memanfaatkan keunggulan kompetitif.
Sebagai agensi produk digital yang sedang berkembang, Varias membantu bisnis
yang ingin meningkatkan penjualan dengan memproduksi barang digital.
Mengingat pertumbuhan luar biasa yang dimiliki Varias sejak didirikan,
berekspansi ke wilayah Dallas mungkin merupakan langkah terbaik, dan Texas
telah mengalami pertumbuhan pesat dalam industri agensi produk digital dari
tahun 2016 hingga 2021, sebesar 9,1% per tahun.
Oleh karena itu, laporan ini mengevaluasi pertumbuhan pasar industri
produk digital, ukuran pasar dan tren menggunakan analisis kuantitatif yang
melibatkan pengumpulan dan analisis data yang relevan, serta analisis makro
lingkungan menggunakan kerangka kerja PESTLE untuk mengidentifikasi pasar
Dallas. Selain itu, survei menggunakan kuesioner dilakukan di Dallas untuk
mengidentifikasi budaya lokal dan mengkaji perilaku konsumen. Untuk
menentukan situasi internal perusahaan, analisis internal dilakukan dengan
mengevaluasi strategi pemasaran saat ini menggunakan Marketing Mix 4Ps
sebagai alat ukur, serta meninjau ketersediaan sumber daya saat ini, termasuk
lahan/saluran, tenaga kerja, modal, kewirausahaan, dan keuangan. Selain itu,
Marketing Mix 4Ps digunakan sebagai alat untuk mengkaji taktik dan keunggulan
kompetitif pesaing. Laporan ini menyimpulkan bahwa Dallas memiliki potensi
besar bagi Varias untuk mengembangkan bisnisnya dan memanfaatkan
pertumbuhan industri agensi digital yang sedang berkembang. Hal ini disebabkan
adanya ekosistem bisnis yang menguntungkan dan peluang yang signifikan dalam
pasar yang besar. Untuk menyimpulkan analisis internal dan eksternal, Analisis
SWOT digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan
ancaman untuk menghasilkan strategi pemasaran yang direkomendasikan.
Strategi pemasaran akan terdiri dari rekomendasi tujuan pemasaran,
potensi strategi pemasaran, dan usulan strategi pemasaran. Mengingat strategi
ini masih dalam tahap usulan, sangat penting untuk mempertimbangkan secara
menyeluruh potensi risiko dan manfaat yang terkait dengan penerapannya.
Dengan pertimbangan ini, diperlukan penelitian lebih lanjut tentang kelayakan
dari strategi pemasaran yang diusulkan. Dalam perumusan strategi pemasaran
yang mencakup kombinasi Strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning,
Strategi Marketing Mix 4Ps, dan Strategi Loyalitas untuk Varias di pasar Dallas
perlu disempurnakan dan divalidasi untuk memastikan bahwa strategi tersebut
selaras dengan dinamika pasar, preferensi konsumen, dan tujuan bisnis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: agensi, digital, masuk, pasar, strategi
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 14 Nov 2023 02:45
Last Modified: 14 Nov 2023 02:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17915

Actions (login required)

View Item View Item