Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PENGGABUNGAN KELURAHAN PERAK UTARA DAN KELURAHAN PERAK TIMUR PADA KECAMATAN PABEAN CANTIAN MENURUT PERATURAN DAERAH KOTA SURABAYA NOMOR 2 TAHUN 2022._072 HTN 2023

Setyawan, Arung and Indarja, Indarja and Hardjanto, Untung Sri (2023) ANALISIS PENGGABUNGAN KELURAHAN PERAK UTARA DAN KELURAHAN PERAK TIMUR PADA KECAMATAN PABEAN CANTIAN MENURUT PERATURAN DAERAH KOTA SURABAYA NOMOR 2 TAHUN 2022._072 HTN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggabungan Kelurahan Perak Utara dan Kelurahan Perak Timur pada Kecamatan Pabean Cantian menjadi Kelurahan Tanjung Perak didasari pada hasil pengkajian pada tahun 2017 dan 2018 yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kota Surabaya. Dasar hukum penggabungan kelurahan tersebut dituangkan pada Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 2 Tahun 2022.
Penelitian hukum ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif dan spesifikasi penelitian yang digunakan yaitu spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode studi kepustakaan dengan mengumpulkan data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, penggabungan Kelurahan Perak Utara dan Kelurahan Perak Timur merupakan hasil dari kesepakatan antara Walikota Kota Surabaya dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kota Surabaya berdasarkan hasil kesepakatan Lurah Kelurahan Perak Utara dan Lurah Kelurahan Perak Timur. Pada proses penggabungan yang bertepatandenganselesainya masa jabatan perangkat LPMK, RT, dan RW serta didukung dengan kondisi masyarakat yang minim terjadi konflik sehingga membuat proses penggabungan kelurahan tersebut berjalan dengan baik meskipun memiliki beberapa hambatan. Hambatan yang muncul saat proses penggabungan kedua kelurahan tersebut ialah adanya pandemi covid-19 yang mempengaruhi proses pengkajian serta sosialisasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Kemudian, faktor sumber daya manusia yang kurang mumpuni sehingga berpengaruh dalam proses penginputan data untuk keperluan perubahan administrasi warga yang berupah perubahan alamat yang tercantum dalam Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga.
Kata Kunci: Kebijakan; Penggabungan Kelurahan; Peraturan Daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:38
Last Modified: 16 Nov 2023 02:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17914

Actions (login required)

View Item View Item