Search for collections on Undip Repository

PELAKSANAAN FUNGSI BADAN PEMBINAAN IDEOLOGI PANCASILA DALAM UPAYA PENGUATAN PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA. _078 HTN 2023

FAHMI, AHMAD FIKRI and Wardhani, Lita Tyesta Addy Listya and Wisnaeni, Fifiana (2023) PELAKSANAAN FUNGSI BADAN PEMBINAAN IDEOLOGI PANCASILA DALAM UPAYA PENGUATAN PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA. _078 HTN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsep welfarestate mengaharuskan negara untuk merespon krisis multidimensional yang terjadi sekarang ini. Berdasarkan tanggungjawab tersebut negara (pemerintah) membentuk Badan Pembinaan Ideologi Pancasila sebagai upaya untuk mengatasi kisis multi aspek melalui penguatan Pancasila sebagai ideologi negara. Penelitian ini berfokus pada pelaksanaan fungsi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dalam upaya penguatan Pancasila sebagai ideologi negara serta hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan upaya tersebut.
Penelitian hukum ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif, dispesifikasikan sebagai penelitian deskriptif analitis. Metode pengumpulan data menggunakan data-data sekunder (Studi pustaka). Kemudian dianalisa menggunakan analisis kualitatif.
Berdasarkan penelitian ini, pelaksanaan fungsi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dilaksanakan melalui empat sasaran strategis. Selanjunya program dan kegiatanya disusun berdasarkan empat sasaran tadi dan untuk mengukur keberhasilannya diukur dengan indikator yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam pelakasanaan fungsi, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila berhasil menguatkan Pancasila sebagai ideologi negara. Hal ini didasarkan pada tercapainya indikator-indikator keberhasilan. Hambatan yang dialami dalam pelaksanaan fungsinya yaitu, pandemi covid-19, keterbatasan SDM serta keterbatasan aturan pelaksana yang mendukung program pembinaan ideologi Pancasila.

Kata Kunci : Lembaga Negara, BPIP, Ideologi Pancasila

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:34
Last Modified: 16 Nov 2023 02:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17901

Actions (login required)

View Item View Item