Search for collections on Undip Repository

TUGAS DAN FUNGSI SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DALAM PENYELENGGARAAN KETERTIBAN UMUM DI KABUPATEN SEMARANG. _079 HTN 2023

ANGGARA, ANDHIKA WAHYU and Wisnaeni, Fifiana and Pinilih, Sekar Anggun Gading (2023) TUGAS DAN FUNGSI SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DALAM PENYELENGGARAAN KETERTIBAN UMUM DI KABUPATEN SEMARANG. _079 HTN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Satuan Polisi Pamong Praja pada hakekatnya memberikan perlindungan kepada masyarakat, sehingga dapat terwujud rasa tenteram dan tertib di tengah-tengah masyarakat. Secara teknis, agar intruksi dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 dapat diaplikasikan pada tataran pelaksanaan, maka dibuatlah aturan pelaksanaannya, berupa Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 tentang Satuan Polisi Pamong Praja yang menjabarkan tugas Satuan Polisi PP yakni menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta menyelenggarakan pelindungan masyarakat. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apa tugas pokok dan fungsi Satuan Polisi Pamong Praja dalam penyelenggaraan ketertiban umum berdasarkan Peraturan daerah Nomor 10 tahun 2014 di Kabupaten Semarang, apa kendala dan bagaimana solusinya.
Penelitian ini mengggunakan metode penelitian yuridis normatif yaitu dengan cara menganalisis pendekatan teori-teori, konsep-konsep, mengkaji peraturan perundang-undangan yang bersangkutan dengan penelitian ini atau pendekatan perundang-undangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tugas dan fungsi Satuan Polisi Pamong Praja dalam penyelenggaraan ketertiban umum di Kabupaten Semarang adalah: deteksi dan cegah dini, menegakkan peraturan daerah, menyelenggarakan ketertiban masyarakat, menyelenggarakan perlindungan maasyarakat, Patroli, pengamanan terhadap tamu-tamu ataupun pengunjung, penertiban dan penanganan unjuk rasa serta kerusuhan masa. Kendala yang dihadapi adalah kemampuan dalam melaksanakan tugas belum maksimal. kemauan inisiatif kerja belum maksimal. sarana dan prasarana, anggaran belum menunjang atau menghambat pelaksanaan tugas.Cara mengatasi kendala adalah meningkatkan kepatuhan masyarakat, aparatur dan badan usaha terhadap produk hukum daerah, membangun kemitraan dengan instansi terkait. meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. mengembangkan kapasitas sarana prasarana dan profesionalisme aparatur Satuan Polisi Pamong Praja, meningkatkan kapasitas sarana prasarana guna mendukung operasional tugas Satuan Polisi Pamong Praja dan meningkatkan kemampuan serta membangun kualitas aparatur Satuan Polisi Pamong Praja.
Dari hasil penelitian tersebut maka penulis memberikan saranguna meningkatkan kinerja Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Semarang diharapkan dapat menambah sarana prasarana, tenaga pembantu, serta anggaran yang dapat menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi Satuan Polisi Pamong Praja, perlunya meningkatkan kemampuannya dengan mengikuti pendidikan formal dan non formal. Perlunya adanya pembinaan dilakukan secara terus menerus melalui latihan manajemen kepemimpinan, agar aparat memiliki inisiatif yang tinggi dalam bekerja, dan berusaha melaksanakan pekerjaan sesuai dengan rencana, serta dapat memahami tupoksinya dengan baik, agar tugas-tugas organisasi lebih efektif dilaksanakan, perlunya perhatian pemerintah daerah dalam menyediakan fasilitas berupa sarana dan prasarana yang menunjang dalam mendukung pelaksanaan tugas organisasi, perlunya pemerintah daerah mengalokasikan anggaran yang lebih proporsional kepada setiap SKPD, agar setiap program yang sudah direncanakan dapat terlaksana sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Kata kunci: tugas dan fungsi, satuan polisi pamong praja, ketertiban umum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:34
Last Modified: 16 Nov 2023 02:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17900

Actions (login required)

View Item View Item