Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN TINGKAT STRES DAN LAMA DUDUK DENGAN KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH

Winganti, Dean Nur Aswitiyah and Putri, Rahmi Isma Asmara and Setiawati, Erna (2023) HUBUNGAN TINGKAT STRES DAN LAMA DUDUK DENGAN KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (DEAN NUR ASWITIYAH WINGANTI-22010120130148- KTI-ABSTRAK)
DEAN NUR ASWITIYAH WINGANTI-22010120130148- KTI-ABSTRAK.pdf

Download (11kB)

Abstract

Latar Belakang: Low Back Pain (LBP) atau Nyeri Punggung Bawah (NPB) merupakan permasalahan muskuloskeletal paling sering dikeluhkan di dunia. Salah satu faktor penyebab nyeri punggung bawah adalah stres. Mahasiswa kedokteran berisiko tinggi mengalami NPB karena beberapa faktor seperti tingkat stres tinggi, jam belajar, dan kekurangan aktivitas fisik. Faktor penyebab NPB lainnya adalah durasi duduk yang terlalu lama. Mahasiswa kedokteran biasanya menghabiskan waktu untuk belajar > 7 jam per hari. Tingkat stres yang buruk dan durasi duduk yang lama dapat menyebabkan timbulnya keluhan nyeri punggung bawah pada mahasiswa.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara tingkat stres dan lama duduk dengan keluhan nyeri punggung bawah pada mahasiswa Kedokteran Umum Universitas Diponegoro.
Metode: Penelitian ini merupakan studi belah lintang. Pengukuran tingkat stres menggunakan Depression Anxiety Stress Scales 42 (DASS 42) versi Bahasa Indonesia dan pengukuran nyeri punggung bawah menggunakan Modified Oswestry Low Back Pain Disability Questionnaire versi Bahasa Indonesia. Uji Spearman digunakan dalam analisis bivariat. Hasil dianggap signifikan jika p<0,05. Perangkat lunak IBM SPSS Statistics digunakan untuk analisis statistik pada penelitian ini.
Hasil: Uji korelasi Spearman menunjukkan hasil yang signifikan (p<0,001) dengan derajat sedang (r=0,471) antara tingkat stres dengan keluhan nyeri punggung bawah. Uji korelasi Spearman menunjukkan hasil yang signifikan (p=0,027) dengan derajat lemah (r=0,259) antara lama duduk dengan keluhan nyeri punggung bawah.
Simpulan: Terdapat hubungan antara tingkat stres dan lama duduk dengan keluhan nyeri punggung bawah pada mahasiswa Kedokteran Umum Universitas Diponegoro.
Kata kunci: nyeri punggung bawah, tingkat stres, lama duduk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: nyeri punggung bawah, tingkat stres, lama duduk
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 14 Nov 2023 01:26
Last Modified: 14 Nov 2023 01:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17893

Actions (login required)

View Item View Item