Search for collections on Undip Repository

UJI AKTIVITAS EKSTRAK ETANOL 96% RUMPUT LAUT COKELAT (Sargassum hystrix) TERHADAP KADAR KOLESTEROL TOTAL DAN LDL (LOW-DENSITY LIPOPROTEIN) PADA TIKUS DISLIPIDEMIA

Simbolon, Yanica and Sunarsih, Endang Sri and Nindita, Yora (2023) UJI AKTIVITAS EKSTRAK ETANOL 96% RUMPUT LAUT COKELAT (Sargassum hystrix) TERHADAP KADAR KOLESTEROL TOTAL DAN LDL (LOW-DENSITY LIPOPROTEIN) PADA TIKUS DISLIPIDEMIA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK_KTI)
ABSTRAK_KTI.pdf

Download (155kB)

Abstract

Latar Belakang: Dislipidemia adalah suatu kelainan metabolisme lipid yang dapat berupa kenaikan kadar kolesterol total, kenaikan kadar trigliserida, kenaikan kadar LDL, dan penurunan kadar HDL. Obat dislipidemia yang biasa digunakan adalah golongan statin, namun saat ini sudah banyak yang beralih dari penggunaan obat sintetis ke penggunaan obat herbal.
Tujuan: Mengetahui efek ekstrak etanol 96% Sargassum hystrix terhadap penurunan kadar kolesterol total dan LDL, serta mengetahui efektivitas ekstrak dengan variasi dosis 100, 300, dan 500mg/KgBB.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental secara in vivo. Ekstrak etanol 96% Sargassum hystrix dengan variasi dosis (100, 300, dan 500mg/KgBB) diuji aktivitasnya terhadap penurunan kadar kolesterol total dan LDL tikus dislipidemia. Uji statistik menggunakan LSD/Games-Howell Post Hoc Test (nilai p<0,05 menunjukkan perbedaan signifikan).
Hasil: Ekstrak etanol 96% Sargassum hystrix positif mengandung flavonoid, steroid, tanin, dan fukosantin. Pemberian ekstrak dengan dosis 500mg/KgBB memiliki %penurunan kolesterol total dan LDL tertinggi yaitu 41,77% dan 83,22%. Nilai p pada selisih penurunan kadar kolesterol total dan LDL setelah pemberian ekstrak 500mg/KgBB dibandingkan dengan atorvastatin 10mg/KgBB adalah 0,210 (tidak berbeda signifikan) dan 0,025 (berbeda signifikan).
Kesimpulan: Estrak etanol 96% Sargassum hystrix memiliki efek terhadap penurunan kadar kolesterol total dan LDL tikus dislipidemia dan dosis 500mg/KgBB memiliki efek yang lebih besar dibandingkan dosis 100 dan 300mg/KgBB.
Kata kunci: dislipidemia, kolesterol total, LDL, Sargassum hystrix.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: dislipidemia, kolesterol total, LDL, Sargassum hystrix
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 10 Nov 2023 06:30
Last Modified: 10 Nov 2023 06:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17888

Actions (login required)

View Item View Item