Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN YURIDIS PEMBERHENTIAN JABATAN HAKIM MAHKAMAH KONSTITUSI OLEH DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA. _034 HTN 2023

SIREGAR, DONI PRATAMA and Saraswati, Retno and Herawati, Ratna (2023) TINJAUAN YURIDIS PEMBERHENTIAN JABATAN HAKIM MAHKAMAH KONSTITUSI OLEH DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA. _034 HTN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahkamah Konstitusi merupakan salah satu cabang kekuasaan yang ada di Indonesia. Dalam menjalankan kewenangan dan kewajiban, Mahkamah Konstitusi diisi oleh hakim-hakim konstitusi yang harus independen dan mandiri. Hakim Konstitusi diajukan oleh lembaga negara yaitu Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia Republik Indonesia (DPR RI), dan Mahkamah Agung. Munculnya pemberhentian hakim Aswanto sebelum masa jabatan perlu ditinjau dari segi yuridis mengenai keabsahan mekanismenya. Pemberhentian hakim konstitusi sebelum masa jabatan akan berimplikasi di masa mendatang baik itu implikasi yuridis dan non-yuridis. Penulisan hukum ini dilakukan dengan studi kepustakaan (library research) dimana data-data dikumpulkan dari buku, jurnal, dan peraturan perundang-undangan sebagai bahan hukumnya. Dari penulisan hukum yang sudah dilakukan, ditemukan bahwa pemberhentiansebelum habis masa jabatan hakim konstitusi yang dilakukan oleh DPR RI tidak mempunyai dasar secara yuridis dan tidak mengikuti mekanisme yang telah ditetapkan di dalam peraturan perundang-undangan. Praktik yang dilakukan oleh DPR RI saat ini akan berimplikasi terhadap praktik pemberhentian hakim konstitusi kedepannya, baik itu implikasi secara yuridis dan implikasi non-yuridis.
Kata Kunci: Mahkamah Konstitusi, Hakim Konstitusi, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 09 Nov 2023 08:11
Last Modified: 09 Nov 2023 08:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17878

Actions (login required)

View Item View Item