Search for collections on Undip Repository

KEWENANGAN PENGADILAN MILITER UTAMA DALAM PELAKSANAAN FUNGSI PENGAWASAN TERHADAPPENYELENGGARAAN PERADILAN DI PENGADILAN MILITER II-08 JAKARTA._035 HTN 2023

Ramadhan, Deslaufa Fakhri and Wardhani, Lita Tyesta Addy Listya and Saraswati, Retno (2023) KEWENANGAN PENGADILAN MILITER UTAMA DALAM PELAKSANAAN FUNGSI PENGAWASAN TERHADAPPENYELENGGARAAN PERADILAN DI PENGADILAN MILITER II-08 JAKARTA._035 HTN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengadilan Militer merupakan badan yang melaksanakan kekuasaan kehakiman dilingkungan peradilan militer yang meliputi Pengadilan Militer, Pengadilan Tinggi Militer, Pengadilan Militer Utama, dan Pengadilan Militer Pertempuran. Salah satu fungsi dari Pengadilan Militer Utama adalah di bidang pengawasan yang dilakukan untuk memutus kasus perkara mulai dari penyelenggaraan teknis peradilan, pengelolaan, administrasi peradilan dan pelaksanaan tugas umum peradilan dilaksanakan sesuai dengan rencana serta peraturan perundang – undangan yang berlaku. Adapun permasalahan yang akan dibahas mengenai pelaksanaan fungsi pengawasan di Pengadilan Militer dalam contoh Kasus Putusan Pengadilan Militer Nomor 47- K/PM.II–08/AD/II/ 2019 dan bagaimana pelaksanaan tindak lanjut dari contoh kasus diatas. Penelitian ini dilakukan dengan metode yuridis normatif dengan data yang diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi pengawasan yang dilakukan dari contoh kasus diatas telah berjalan sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berjalan, serta kinerja hakim berjalan sesuai dengan peraturan yang ada dan tindak lanjut dari fungsi pengawasan yang dilakukan dengan adanya pembinaan secara terus-menerus agar mencegah terjadinya pelanggaran dan peningkatan pembinaan terhadap jajaran yang ada dibawah Pengadilan Militer Utama.
Kata Kunci: Pengadilan Militer Utama, Fungsi Pengawasan, Penyuapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 09 Nov 2023 08:10
Last Modified: 09 Nov 2023 08:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17876

Actions (login required)

View Item View Item