Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN YURIDIS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA SUKOHARJO KECAMATAN MARGOREJO KABUPATEN PATI._037 HTN 2023

Al Hadariah, Alifia and Soemarmi, Amiek and Juliani, Henny (2023) TINJAUAN YURIDIS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA SUKOHARJO KECAMATAN MARGOREJO KABUPATEN PATI._037 HTN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemerintah pusat telah memberikan wewenang kepada pemerintah daerah untuk mengatur dan mengelola penyusunan dan pembangunan termasuk di dalamnya mengenai keuangan desa yang diberlakukan karena adanya otonomi daerah.Upaya peningkatan dan standarisasi kapasitas pemerintah desa di seluruh Indonesia sangat diperlukan untuk mempercepat pembangunan di segala bidang. Desa Sukoharjo merupakan desa yang sedang banyak melakukan pembangunan, dalam hal ini tentu saja munculnya keuangan desa sangatlah membantu pembangunan desa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengelolaan keuangan desa dalam mensejahterakan masyarakat serta hambatan apa saja yang timbul dalam pelaksanannya.
Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis empiris. Spesifikasi penelitian bersifat deskriptif analitis. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.
Hasil penelitian adalah Desa Sukoharjo mengelola keuangan desa dengan memperhatikan ketentuan undang-undang yang berlaku. Sumber penerimaan keuangan desa bersumber dari APBD, APBN, APBDesa dan pendapatan asli desa. Tahapan pengelolaan keuangan desa yaitu perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban keuangan desa. Dalam pengelolaan keuangan desa , terdapat beberapa hambatan diantaranya masyarakat kurang berpartisipasi aktif, keterbatasan kapasitas SDM, belum sesuainya proses pertanggungjawaban dengan format panduan, dan peraturan dewan. Aparat desa berupaya mengatasi hal tersebut dengan diadakannya pelatihan-pelatihan untuk aparatur desa serta menyiapkan plan B dalam setiap rapat pengelolaan keuangan desa.Berbagai program dan kegiatan telah dilakukan diantaranya adalah pembangunan infrastruktur, pemberdayaan ekonomi masyarakat, kesehatan, pendidikan, dan lingkungan hidup. Berdasarkan hasil dan analisis penelitian, rekomendasi peneliti adalah regulasi dan petunjuk teknis pelaksanaan berkaitan dengan pengelolaan keuangan desa mengikuti perkembangan zaman, meningkatkan kapasitas SDM perangkat desa.
Saran dari permasalahan ini, pemerintahan pembuat undang-undang diharapkan dapat mengikuti perkembangan zaman, agar peraturan selalu efektif dan sesuai keadaan masyarakat saat ini, serta perlunya musyawarah antara aparatur desa dengan masyarakat untuk membuat rencana-rencana guna memajukan pembangunan desa dengan tujuan untuk menampung aspirasi masyarakat dalam membangun desa yang lebih maju lagi.

Kata Kunci: Desa, Keuangan Desa, Pengelolaan Keuangan Desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 09 Nov 2023 08:09
Last Modified: 09 Nov 2023 08:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17871

Actions (login required)

View Item View Item