Search for collections on Undip Repository

PEMENUHAN HAK KESEJAHTERAAN SOSIAL BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI KOTA SEMARANG BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 9 TAHUN 2021 TENTANG PENYANDANG DISABILITAS._039 HTN 2023

Anggiasari, Denissa Putri Sih and Wisnaeni, Fifiana and Pinilih, Sekar Anggun Gading (2023) PEMENUHAN HAK KESEJAHTERAAN SOSIAL BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI KOTA SEMARANG BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 9 TAHUN 2021 TENTANG PENYANDANG DISABILITAS._039 HTN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penyandang disabilitas merupakan setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan sensorik dalam jangka waktu lama. Penyandang disabilitas memerlukan langkah-langkah perlindungan sebagai perwujudan pelaksanaan kewajiban negara khususnya di bidang kesejahteraan sosial. Kesejahteraan sosial memiliki tujuan untuk mencapai kehidupan yang sejahtera dalam arti tercapainya standar kehidupan yang baik dengan masyarakat di lingkungannya, Upaya yang telah dilakukan Pemerintah Daerah dalam memenuhi hak kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas adalah dengan melaksanakan program pemberian bantuan sosial, pelatihan, dan sosialisasi yang salah satunya dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bergerak di bidang sosial yaitu Dinas Sosial Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Dinas Sosial Kota Semarang dan kendala-kendala yang dihadapi oleh Dinas Sosial Kota Semarang dalam pelaksanaan pemenuhan hak kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas di Kota Semarang.
Metode pendekatan yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode yuridis normatif dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder sebagai dasar untuk diteliti. Spesifikasi penelitian yang digunakan yaitu deskriptif analitis untuk menggambarkan suatu permasalahan pada saat tertentu serta pengumpulan data menggunakan metode studi kepustakaan dan wawancara yang digunakan sebagai klarifikasi terhadap data sekunder.Kemudian, metode analisis data yang digunakan ialah data kualitatif yang berupa kata-kata verbal.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa Dinas Sosial Kota Semarang telah melaksanakan tugas dan fungsinya dalam rangka pemenuhan hak kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas di Kota Semarang berdasarkan Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 9 Tahun 2021 tentang Penyandang Disabilitas, salah satunya dalam penyelenggaraan program di bidang pemenuhan hak penyandang disabilitas khususnya hak kesejahteraan sosial yang terdiri dari pemberian bantuan sosial, pelatihan dan sosialisasi. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya terdapat kendala utama berupa refocusing anggaran dan ketidakvalidan data.
Berdasarkan kesimpulan di atas,masih terdapat beberapa kendala yang terjadi dalam proses pemenuhannya. Makadari itu, Diperlukannya solusi untuk mengatasi kendala-kendala yang ada pada Dinas Sosial Kota Semarang dalam memenuhi hak kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas yaitu dengan meningkatkan koordinasi antar OPD, mengoptimalkan anggaran yang ada serta memberi perhatian khusus terhadap penyandang disabilitas di Kota Semarang.
Kata Kunci: Penyandang Disabilitas, Dinas Sosial Kota Semarang, Pemenuhan Hak Kesejahteraan Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 09 Nov 2023 08:09
Last Modified: 09 Nov 2023 08:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17867

Actions (login required)

View Item View Item