Search for collections on Undip Repository

PELAKSANAAN FUNGSI PARTAI POLITIK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2011 TENTANG PARTAI POLITIK OLEH PARTAI DEMOKRAT KABUPATEN REMBANG._051 HTN 2023

WIBOWO, RIZKA YOGA PRADANA and Indarja, Indarja and Ramadhan, DiastamaAnggita (2023) PELAKSANAAN FUNGSI PARTAI POLITIK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2011 TENTANG PARTAI POLITIK OLEH PARTAI DEMOKRAT KABUPATEN REMBANG._051 HTN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fungsi partai politik diatur dalam Pasal 11 ayat (1) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik, dimana satu di antaranya ialah partai politik diharuskan untuk menjalankan fungsinya dengan memberikan pendidikan politik bagi anggota dan masyarakat luas. Satu di antara partai politik yang berdiri di Indonesia ialah Partai Demokrat. Pada pemilu legislatif Kabupaten Rembang tahun 2019, Partai Demokrat berhasil meraih 4 (empat) kursi. Sehingga, perlu dilakukan penelitian mengenai bagaimana DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Partai Demokrat Kabupaten Rembang melaksanakan fungsinya dalam memberikan pendidikan politik bagi masyarakat, dan apa saja hambatan yang dihadapi oleh DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Partai Demokrat Kabupaten Rembang dalam menjalankan fungsi pendidikan politik.
Penulisan hukum ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif. Spesifikasi penelitian yang digunakan ialah deskriptis analitis. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan metode pengumpulan data yang diterapkan ialah studi kepustakaan dan studi lapangan melalui wawancara sebagai klarifikasi data sekunder. Analisis data dilakukan dengan menerapkan metode analisis kualitatif. Mengacu pada hasil penelitian yang sudah dilakukan, didapatkan bahwa fungsi pendidikan politik yang dilaksanakan oleh Partai Demokrat Kabupaten Rembang sudah berjalan dengan baik. Fungsi Pendidikan politik yang dijalankan oleh Partai Demokrat ialah dengan tatap muka langsung melalui berbagai agenda yang diselenggarakan. Tidak hanya kepada masyarakat, Pendidikan politik ini juga ditujukan kepada kadernya. Melalui pendidikan politik, Partai Demokrat menegaskankepada para anggotanya untuk senantiasa aktif dalam kegiatan di masyarakat guna memanfaatkan momen-momen tersebut untuk menyampaikan penyuluhan pendidikan politik kepada masyarakat. Empat hambatan yang terdapat dalam pelaksanaan pendidikan politik oleh Demokrat kepada masyarakat, diantaranya Kurangnya Partisipasi Generasi Muda, sikap apatis masyarakat Kabupaten Rembang, latar pendidikan yang rendah atau kurang, kerja sama dengan Pihak Ketiga.Kedepannya akan lebih baik jika Demokrat mengajak anak muda untuk ikut serta dalam penyuluhan pendidikan politik, karena peran pemuda sebagai agen perubahan diharapkan dapat membawa perubahan yang signifikan di lingkungan masyarakat.

Kata Kunci: Fungsi Partai Politik, Pendidikan Politik, DPC Partai Demokrat Kabupaten Rembang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Nov 2023 08:14
Last Modified: 08 Nov 2023 08:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17844

Actions (login required)

View Item View Item