Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU REMAJA DALAM MEMANFAATKAN PELAYANAN KESEHATAN PEDULI REMAJA (PKPR) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOTA WILAYAH SELATAN KOTA KEDIRI

RAHAYU, LINTANG KEMUNING MUSTIKANING (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU REMAJA DALAM MEMANFAATKAN PELAYANAN KESEHATAN PEDULI REMAJA (PKPR) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOTA WILAYAH SELATAN KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO LINTANG KEMUNING.pdf - Published Version

Download (430kB)

Abstract

Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) merupakan program Puskesmas yang bertujuan untuk memudahkan akses pelayanan kesehatan oleh remaja. Remaja cenderung rentan terhadap masalah kesehatan reproduksi kerena mulai aktif secara seksual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku pemanfaatan PKPR oleh remaja di wilayah kerja Puskesmas Kota Wilayah Selatan. Desain penelitian berupa kuantitatif deskriptif dengan pendekatan korelasi. Subjek penelitian merupakan remaja usia 10-19 tahun di wilayah kerja Puskesmas Kota Wilayah Selatan Kota Kediri. Sampel penelitian berjumlah 100 remaja yang diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 80% remaja memiliki perilaku pemanfaatan PKPR yang rendah dan hanya sebesar 20% remaja yang memiliki perilaku pemanfaatan PKPR yang tinggi. Hasil uji hipotesis menggunakan Chi Square Test menunjukkan tidak ada hubungan antara perilaku pemanfaatan PKPR dengan jenis kelamin (p value = 0,297), pendidikan (p value = 0,144), pengetahuan (p value = 0,876), keyakinan terhadap layanan (p value = 0,939), dan kebutuhan terhadap layanan (p value = 0,960). Sedangkan faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku pemanfaatan PKPR oleh remaja adalah usia (p value = 0,006), sikap (p value = 0,0,14), kepemilikan asuransi (p value = 0,014), ketersediaan ruang konseling PKPR (p value = 0,001), dan keluhan kesehatan reproduksi (p value = 0,048).

Kata kunci : pemanfaatan PKPR, remaja, kesehatan reproduksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:49
Last Modified: 08 Nov 2023 03:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17833

Actions (login required)

View Item View Item