Search for collections on Undip Repository

Hubungan Lokasi Lesi Otak terhadap Derajat Spastisitas yang Diukur dengan Modified Ashworth Scale (MAS) pada Pasien Stroke Non Hemoragik

Nabila, Saniya Sita and Belladonna, Maria and Julianti, Hari Peni and Muhartomo, Hexanto (2023) Hubungan Lokasi Lesi Otak terhadap Derajat Spastisitas yang Diukur dengan Modified Ashworth Scale (MAS) pada Pasien Stroke Non Hemoragik. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (SANIYA SITA NABILA-22010120120013- KTI-ABSTRAK)
SANIYA SITA NABILA-22010120120013- KTI-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)

Abstract

Latar Belakang: Stroke merupakan salah satu penyakit pembuluh darah yang menyerang otak dan dapat menimbulkan berbagai komplikasi, salah satunya adalah kejadian spastisitas. Spastisitas penderita stroke memiliki karakteristik pemingkatan tonus otot. Derajat spastisitas dapat diukur salah satunya menggunakan Modified Ashworth Scale (MAS).
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lokasi lesi otak terhadap derajat spastisitas yang diukur dengan Modified Ashworth Scale (MAS) pada pasien stroke non hemoragik.
Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross sectional. Sampel penelitian ini adalah pasien stroke non hemoragik yang memenuhi kriteria inklusi dengan jumlah sampel penelitian ini sebanyak 54 sampel. Teknik pegambilan sampel dengan purposive sampling. Data penelitian ini merupakan data sekunder yang berasal dari rekam medis. Uji statistik yang digunakan adalah Chi-Square.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan bermakna antara lokasi lesi otak terhadap derajat spastisitas (p=0,27).
Kesimpulan: Tidak adanya hubungan antara lokasi lesi otak terhadap derajat spastisitas yang diukur dengan menggunakan Modified Ashworth Scale (MAS).

Kata kunci: lokasi lesi otak, derajat spastisitas, Modified Ashworth Scale (MAS), stroke non hemoragik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: lokasi lesi otak, derajat spastisitas, Modified Ashworth Scale (MAS), stroke non hemoragik
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 08 Nov 2023 01:50
Last Modified: 08 Nov 2023 01:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17820

Actions (login required)

View Item View Item