Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN SUBTIPE MOLEKULER DENGAN USIA DAN KEJADIAN METASTASIS TULANG PADA KARSINOMA PAYUDARA

Priambodo, Nadhira Faizah Putri and Prihharsanti, Christina Hari Nawangsih and Istiadi, Hermawan and Imawati, Sukma (2023) HUBUNGAN SUBTIPE MOLEKULER DENGAN USIA DAN KEJADIAN METASTASIS TULANG PADA KARSINOMA PAYUDARA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
NADHIRA FAIZAH PUTRI PRIAMBODO-22010120120019-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (224kB)

Abstract

Latar belakang: Karsinoma payudara merupakan kanker terbanyak di Indonesia yang terjadi pada wanita. Usia menjadi salah satu faktor risiko penyebab dan metastasis tulang adalah jenis metastasis yang paling sering terjadi pada karsinoma payudara. Subtipe molekuler hasil pemeriksaan imunohistokimia dapat mengidentifikasi asal tumor, membedakan tumor metastasis dari tumor primer, dasar pemilihan terapi dan prognosis.
Tujuan: Menganalisis hubungan antara subtipe molekuler dengan usia dan kejadian metastasis tulang pada karsinoma payudara.
Metode: Penelitian pasien karsinoma payudara dengan metastasis tulang selama periode Januari 2019 - Mei 2023 di RSUP Dr. Kariadi Semarang merupakan penelitian analitik observasional dengan metode penelitian cross-sectional study. Analisis data menggunakan uji chi-square dan uji Mann-Whitney U.
Hasil: Subjek penelitian memenuhi kriteria inklusi sebanyak 53 sampel. Sebanyak 69,8% pasien karsinoma payudara berusia kurang dari 50 tahun dan 30,2% berusia lebih dari 50 tahun. Metastasis tulang paling banyak ditemui pada subtipe luminal B (41%), namun tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara subtipe molekuler dengan usia pada karsinoma payudara (p = 0,06). Tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara subtipe molekuler dengan kejadian metastasis tulang pada karsinoma payudara (p = 0,263).
Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa subtipe molekuler pada pasien karsinoma payudara tidak berhubungan dengan usia dan kejadian metastasis tulang.
Kata kunci: karsinoma payudara, subtipe molekuler, usia, metastasis tulang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: karsinoma payudara, subtipe molekuler, usia, metastasis tulang
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 13 Nov 2023 01:14
Last Modified: 13 Nov 2023 01:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17819

Actions (login required)

View Item View Item