Search for collections on Undip Repository

TUGAS DAN FUNGSI TIM PENGGERAK PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA KELURAHAN SALAMANMLOYO KOTA SEMARANG DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PENINGKATAN PEMBERDAYAAN KELUARGA ._057 HTN 2023

Hardianti, Sekar Ridha and Herawati, Ratna and Soemarmi, Amiek (2023) TUGAS DAN FUNGSI TIM PENGGERAK PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA KELURAHAN SALAMANMLOYO KOTA SEMARANG DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PENINGKATAN PEMBERDAYAAN KELUARGA ._057 HTN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tugas dan fungsi Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) terdapat pada Pasal 28 Peraturan Menteri Dalam Negeri (PERMENDAGRI) Nomor 36 tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga. Adapun tugas TP PKK yakni pendataan potensi keluarga dan masyarakat, penggerakan peran serta masyarakat dan pengendalian terhadap 10 program pokok PKK sedangkan fungsi TP PKK yang difokuskan adalah menghimpun, menggerakkan dan membina potensi masyarakat untuk terlaksananya 10 program pokok PKK. Melalui tugas dan fungsi TP PKK tersebut, TP PKK kelurahan Salamanmloyo memiliki inovasi dalam meningkatkan pemberdayaan keluarga sesuai dengan tugas dan fungsi TP PKK. Maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pembinaan potensi yang dilakukan oleh TP PKK Kelurahan Salamanmloyo serta untuk mengetahui dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam memenuhi potensi tersebut.
Metode pendekatan menggunakan yuridis empiris yang selanjutnya hasil penelitian tersebut dijelaskan menggunakan metode analisis kualitatif secara deskriptif analitis yang didukung dengan wawancara, observasi dan literatur yang terkait.
Hasil penelitian yang dapat diperoleh adalah TP PKK membina potensi bekerja sama atau bermitra dengan Puskesmas Karang Ayu, Kelurahan Salamanmloyo, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) dan Forum Kesehatan Kelurahan (FKK). Pembinaan potensi yang dilakukan oleh TP PKK yakni dengan membina pada kebun Q-ta dengan cara menghubungi dinas terkait untuk keperluan bibit; membina potensi pada Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) dengan cara mengadakan sosialisasi dan pelatihan untuk para kader; selanjutnya pada pembinaan Sedekah Gotong Royong (SEGORO) TP PKK membina dengan bekerja sama dengan PKK RT/RW untuk mengingatkan warganya untuk seikhlasnya bersedekah. Dalam pembinaan potensi SEGORO, didukung oleh meningkatnya rasa kepedulian masyarakat, transparansi pendanaan SEGORO dan kader yang tidak mengambil dana sepeserpun dari kegiatan SEGORO. Namun penghambat dalam kegiatan SEGORO akan menjadi fatal jika SDM atau kadernya sudah tidak bisa atau tidak mampu lagi menggerakkan kegiatan SEGORO secara sukarela. dari hal tersbeut diatas dapat diberikan saran kepada kelurahan Salamanmloyo, yakni untuk senantiasa mendukung dan menjaga keberlangsungan kegiatan SEGORO, bagi TP PKK kelurahan Salmanmloyo untuk mendukung sekaligus membina para kader serta pengurus SEGORO, dan bagi warga kelurahan Salamanmloyo untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

Kata Kunci : Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Pembinaan Potensi, Peningkatan Pemberdayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Nov 2023 00:51
Last Modified: 08 Nov 2023 00:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17802

Actions (login required)

View Item View Item