Search for collections on Undip Repository

PEMENUHAN HAK ATAS KEADILAN SETELAH MENEMPUH UPAYA ADMINISTRATIF DALAM SENGKETA TUN (STUDI KASUS PUTUSAN PTUN SEMARANG NOMOR: 89/G/2020/PTUN.SMG)._046 Acara 2023

WAHYUNINGTIAS, FIRNANDA ANGGIE and Putrijanti, Aju and Utama, Kartika Widya (2023) PEMENUHAN HAK ATAS KEADILAN SETELAH MENEMPUH UPAYA ADMINISTRATIF DALAM SENGKETA TUN (STUDI KASUS PUTUSAN PTUN SEMARANG NOMOR: 89/G/2020/PTUN.SMG)._046 Acara 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hadirnya PERATUN menjadi lembaga yang berwenang menyelesaikan sengketa TUN antara Badan/ Pejabat Pemerintahan dengan masyarakat sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak atas keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Namun, pengajuan gugatan ke PERATUN tidak dapat langsung dilaksanakan, masyarakat harus terlebih dahulu menempuh upaya administratif hal ini merupakan implikasi dari lahirnya PERMA Nomor 6 Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif dengan data sekunder dari peraturan, jurnal, literatur, serta Putusan PTUN Semarang Nomor: 89/G/2020/PTUN.SMG. Hasil pembahasan dalam penelitian ini ditemukan bahwa PERMA Nomor 6 Tahun 2018 menghadirkan kepastian hukum dalam penyelesaian sengketa TUN melalui upaya administratif. Namun, hal ini dapat menghambat tercapainya hak atas keadilan bagi masyarakat yang dirugikan atas lahirnya KTUN. Terhambatnya pemenuhan hak atas keadilan tersebut disebabkan karena tidak semua Badan/ Pejabat Pemerintahan memiliki penyelesaian sengketa TUN melalui upaya administratif. Selain itu, tidak ditanggapinya upaya administratif yang telah diajukan oleh masyarakat juga menghambat adanya access to justice yang sudah sepatutnya didapatkan oleh masyarakat Indonesia. Pemenuhan hak atas keadilan setelah menempuh upaya administratif dapat terlihat dari Putusan Hakim PERATUN Semarang yang mengabulkan gugatan Penggugat meskipun belum menempuh upaya administratif secara keseluruhan.
Kata Kunci : Pemenuhan Hak Atas Keadilan, Upaya Administratif, PERATUN

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Nov 2023 01:01
Last Modified: 08 Nov 2023 01:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17787

Actions (login required)

View Item View Item