Search for collections on Undip Repository

PENENTUAN LOKASI SMP NEGERI BARU SEBAGAI SOLUSI KETIMPANGAN LAYANAN PENDIDIKAN DI KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG

Wandira, Praditha Agil (2023) PENENTUAN LOKASI SMP NEGERI BARU SEBAGAI SOLUSI KETIMPANGAN LAYANAN PENDIDIKAN DI KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
view_usp=drive_link - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy

Abstract

Perencanaan wilayah dan kota harus mengakomodasikan kebutuhan fasilitas umum khususnya untuk pelayanan
publik. Salah satu aspek yang menunjang keberlanjutan SDM perkotaan adalah aspek pendidikan. Salah satu hal
yang menjadi isu terbaru dan mendapatkan perhatian khusus adalah keberadaan dan persebaran pelayanan
pendidikan berupa sekolah yang belum merata jangkauan layanannya. Pengoptimalan pelayanan pendidikan dapat
dilakukan dengan penyediaan sarana pendidikan yang memadai dan merata untuk setiap tingkat pendidikan. Studi
ini mengambil lokasi di Kabupaten Temanggung khususnya Kecamatan Ngadirejo dengan isu ketidakmerataan
layanan yang mengakibatkan masyarakat usia sekolah tidak terlayanai. Sarana pendidikan di Kecamatan Ngadirejo
cenderung terpusat di kawasan perkotaanya saja yakni di Kawasan Strategis Ekonomi Cepat Tumbuh (KSECT).
Hal ini semakin diperkuat dari hasil analisis jangkauan pelayanan SMP eksisting dimana diperoleh hasil bahwa
pada bagian selatan Kecamatan Ngadirejo masih belum terlayani fasilitas pendidikan SMP, sedangkan keberadaan
pemukiman dan penduduk Kecamatan Ngadirejo telah tersebar di seluruh desa. Kondisi ini diperparah dengan
implementasi peraturan zonasi sekolah. Peraturan zonasi sekolah merupakan sistem penerimaan siswa berdasarkan
kedekatan tempat tinggalnya dengan sekolah terdekat. Hal ini semakin membatasi peserta didik untuk
mendapatkan kesempatan diterima di SMP tujuan, terutama untuk peserta didik yang berada di luar zonasi sekolah
yang menyebabkan peserta didik harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk mendapatkan fasilitas pendidikan.
Untuk mempertajam analisis pada studi kasus tersebut, penelitian ini menggunakan Teknik analisis spasial untuk
memperoleh hasil yang dapat membantu dalam menentukan lokasi yang sesuai untuk pendirian SMP baru. Dalam
hal ini, analisis menggunakan Sistem Informasi Geografis dengan teknik analisis spasial isochrone. Teknik ini
memanfaatkan keandalan isochrone untuk mengidentifikasi layanan berdasarkan jarak dan waktu serta mampu
membentuk zonasi layanan yang sudah mempertimbangankan aspek fisik lokasi seperti topografi, bentuk jalan,
dan kondisi traffic. Selanjutnya zonasi digabungkan dengan kriteria yang lain dalam penentuan lokasi dan
dilakukan superimpose atau overlay yang sebelumnya variable dikelaskan menggunakan skoring dan pembobotan.
Hasil menunjukkan dari beberapa alternatif, Desa Karanggedong terpilih sebagai lokasi dimana memiliki skor
tertinggi dalam penentuan lokasi berdasarkan hasil FGD bersama dinas terkait dan status lahan memungkinkan
untuk didirkan SMP baru dalam waktu yang cepat. Kemudian dari satu lokasi terpilih dilakukan analisis jangkauan
Kembali untuk melihat keterjangkauan layanan fasilitas Pendidikan telah mampu menampung penduduk usia
sekolah khususnya pada area blankspot. Hasil ini sebagai landasan pengambilan kebijakan dan direkomendasikan
ke pemerintah daerah untuk memulai rencana pembangunan yang sesuai secara fisik, aturan normatif, dan
kelayakan secara standar nasional untuk lokasi SMP. Dengan demikian studi ini mampu menjadi sebuah solusi
atas ketimpangan layanan SMP di Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung.
Kata Kunci: Sekolah, Overlay, Lokasi, SIG, Isochrone

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Sekolah, Overlay, Lokasi, SIG, Isochrone
Subjects: Engineering
Engineering > Urban and Regional Planning
Divisions: School of Vocation > Diploma in Urban and Regional Planning
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:51
Last Modified: 06 Nov 2023 06:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17780

Actions (login required)

View Item View Item