Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN TENTANG PENYELESAIAN PELANGGARAN HUKUM PIDANA OLEH ANGGOTA POLRI DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA INDONESIA. _048 Acara 2023

Santosa, Atalla Brilian and Sukinta, Sukinta and Leonard, Lapon Tukan (2023) TINJAUAN TENTANG PENYELESAIAN PELANGGARAN HUKUM PIDANA OLEH ANGGOTA POLRI DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA INDONESIA. _048 Acara 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagai negara hukum, keberhasilan penegakkan hukum merupakans salah satu kunci dari keberhasilan negara. Salah satu komponen pendukung dari keberhasilan hukum adalah adanya aparat penegak hukum.Salah satu aparat penegak hukum yang sering bersinggungan langsung dengan masyarakat adalah Kepolisian Negara Republik Indonesia.Sebagai penegak hukum,tidak jarang anggota polisi yang juga melakukan pelanggaran hukum pidana. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peraturan yang dapat dikenakan dan alur beracara anggota polisi yang melakukan pelanggaran hukum pidana menurut sistem peradilan Indonesia. Skripsi disusun dengan menggunakan meteode pendekatan yuridis normatif, yaitu dengan melakukan studi kepustakaan dan juga mengkaji peraturan perundang-undangan.Spesifikasi penulisan ialah deskriptifanalisits.Jenis data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu data yang telah tersaji sebelumnya.Metode analisis yang digunakan adalah metode kualitatif,yaitu melakukan seleksi secara kualitas dan kebenaran data yang diperoleh. Hasil dari penelitian kasus ini penyelesaian pelanggaran hukum pidana oleh anggota polisiadalah melalui sistem peradilan umum yang didasarkan pada Pasal 29 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002. Selain menjalani peradilan umum, secara internal polri juga tidak terlepas pada sidang Komisi Kode Etik Profesi Polri.
KataKunci :Kepolisian,Pelanggaran Hukum Pidana, Kode Etik Profesi Polri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Nov 2023 00:58
Last Modified: 08 Nov 2023 00:58
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17773

Actions (login required)

View Item View Item