Search for collections on Undip Repository

ANALISIS YURIDIS BATAS KEWENANGAN JAKSA PENUNTUT UMUM DALAM PERMOHONAN UPAYA HUKUM LUAR BIASA PENINJAUAN KEMBALI (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 12PK/PID.SUS/2009)._050 Acara 2023

Khairatunnisa, Nur Rahma and Cahyaningtyas, Irma and Sukinta, Sukinta (2023) ANALISIS YURIDIS BATAS KEWENANGAN JAKSA PENUNTUT UMUM DALAM PERMOHONAN UPAYA HUKUM LUAR BIASA PENINJAUAN KEMBALI (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 12PK/PID.SUS/2009)._050 Acara 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peninjauan Kembali merupakan upaya hukum terakhir yang digunakan setelah upaya hukum banding dan kasasi. Berdasarkan Pasal 263 ayat (1) KUHAP, Peninjauan Kembali hanya dapat diajukan oleh terpidana atau ahli warisnya. Namun dalam praktiknya,Jaksa Penuntut Umum dapat mengajukan Peninjauan Kembali, sehingga banyak pihak yang mempertanyakan alasan Jaksa Penuntut Umum mengajukan upaya hukum tersebut.
Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis batas kewenangan Jaksa Penuntut Umum dalam mengajukan permohonan Peninjauan Kembali serta alasan yang menjadi pertimbangan hakim di dalam putusan Peninjauan Kembali yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum. Tulisan ini menggunakan penelitian yuridis normatif dengan pendekatan deskriptif analitis sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Hasil tulisan menunjukkan bahwa terdapat batas kewenangan Jaksa Penuntut Umum dalam mengajukan Peninjauan Kembali yang diatur dalam beberapa peraturan perundang-undangan dan dapat dijadikan dasar bagi Jaksa Penuntut Umum untuk mengajukan Peninjauan Kembali serta adanya pertimbangan hakim dari aspek yuridis maupun non yuridis, sehingga permohonan Peninjauan Kembali oleh Jaksa Penuntut Umum diterima. Peninjauan kembali harus mengutamakan kepentingan terpidana tetapi tidak merugikan kepentingan umum, oleh karena itu perlu dirumuskan kembali ketentuan pengujian demi kepentingan hukum.

Kata kunci: peninjauan kembali, jaksa penuntut umum, batas kewenangan penuntut umum, hakim, pertimbangan hakim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Nov 2023 00:56
Last Modified: 08 Nov 2023 00:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17765

Actions (login required)

View Item View Item