Search for collections on Undip Repository

MENDETEKSI INDIKASI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN DENGAN PERSEPSI TEORI FRAUD DIAMOND ( Studi Empiris pada Perusahaan Energy yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022)

Faradilla, Raden Roro Sonnia Ikka (2023) MENDETEKSI INDIKASI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN DENGAN PERSEPSI TEORI FRAUD DIAMOND ( Studi Empiris pada Perusahaan Energy yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
S_Raden Roro Sonnia Ikk Faradilla_cover.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
S_Raden Roro Sonnia Ikk Faradilla_bab 1.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
S_Raden Roro Sonnia Ikk Faradilla_dapus.pdf - Published Version

Download (880kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh elemen dalam fraud diamond theory terhadap kecurangan laporan keuangan (fraudulent financial statement) pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain yaitu tekanan eksternal, stabilitas keuangan, target keuangan, pengawasan yang tidak efektif, rasionalisasi dan kapabilitas. Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah kecurangan laporan keuangan. Penelitian ini memiliki populasi yang terdiri dari semua energy yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam periode 2020-2022. Sampel yang digunakan dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Total sampel penelitian ini berjumlah 60 laporan keuangan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda dalam pengujian hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tekanan eksternal dan rasionalisasi terbukti berpengaruh positif terhadap kecurangan laporan keuangan. Sedangkan variabel lainnya yakni stabilitas keuangan, target keuangan, pengawasan yang tidak efektif, dan kapabilitas tidak terbukti berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan.

Kata kunci: Teori Fraud Diamond, Tekanan Eksternal, Stabilitas Keuangan, Target Keuangan, Pengawasan yang Tidak Efektif, Rasionalisasi, Kapabilitas, Modified Jones Model.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teori Fraud Diamond, Tekanan Eksternal, Stabilitas Keuangan, Target Keuangan, Pengawasan yang Tidak Efektif, Rasionalisasi, Kapabilitas, Modified Jones Model.
Subjects: Economics and Business > Accounting
Economics and Business
Divisions: School of Vocation > Diploma in Taxation
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:10
Last Modified: 06 Nov 2023 06:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17753

Actions (login required)

View Item View Item