Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN TENTANG PELAKSANAAN PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA INDONESIA. _057 Acara 2023

SAPUTRI, RIZKA DEWI and Sukinta, Sukinta and Cahyaningtyas, Irma (2023) TINJAUAN TENTANG PELAKSANAAN PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA INDONESIA. _057 Acara 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tindak pidana pencurian dengan kekerasan adalah perbuatan mengambil barang milik orang lain dengan maksud untuk menguasai secara melawan hukum dengan disertai kekerasan Pelaku menggunakan kekerasan dalam melakukan pencurian agar mempermudah dalam menguasai barang milik korban dan mempermudah pelaku untuk melarikan diri. Untuk mengungkap suatu tindak pidana diperlukan adanya aparat penegak hukum, salah satunya adalah kepolisian sebagai aparat penyidik. Penyidik menjadi pelaksana tugas penyidikan dalam penyelesaian suatu tindak pidana. Penyidikan adalah tindakan penyidik dalam mencari dan mengumpulkan bukti yang dengan bukti tersebut membuat terang tindak pidana yang terjadi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aturan hukum yang digunakan dalam upaya penyidikan tindak pidana pencurian dengan kekerasan serta mengetahui dan menganalisis proses pelaksanaan penyidikan tindak pidana pencurian dengan kekerasan di wilayah hukum Polres Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dengan pendekatan undang-undang (state approach) dan pendekatan kasus (case approuch) dengan spesifikasi penelitian deskriptif analisis.vHasil penelitian dan pembahasan dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa kepolisian sebagai penyidik dalam melaksanakan proses penyidikan tindak pidana pencurian dengan kekerasan sesuai dengan aturan yang ada yaitu Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana, Peraturan Kepala Kepolisian Nomor 6 Tahun 2019 tentang Penyidikan Tindak Pidana yang diawali dengan proses penyelidikan, gelar perkara menuju penyidikan, dan dilanjutkan penangkapan, penahanan, penggeledahan, penyitaan dan kemudian dilakukan pemeriksaan saksi-saksi serta penyusunan berkas perkara penyidikan.
Kata Kunci: Tindak Pidana Pencurian dengan Kekerasan, Penyidik, Penyidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Nov 2023 02:37
Last Modified: 08 Nov 2023 02:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17724

Actions (login required)

View Item View Item