Search for collections on Undip Repository

KEKUATAN AKTA OTENTIK DALAM PEMERIKSAAN PERKARA PERDATA (Studi Kasus PutusanNomor 130 /PDT.G/2016/PN.SMG). _059 Acara 2023

Rifki K, Mohammad Irfany and Marjo, Marjo and Sukinta, Sukinta (2023) KEKUATAN AKTA OTENTIK DALAM PEMERIKSAAN PERKARA PERDATA (Studi Kasus PutusanNomor 130 /PDT.G/2016/PN.SMG). _059 Acara 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Alat bukti tertulis berupa akta otentik, dewasa ini sangat diperlukan
sebagai suatu bukti apabila di kemudian hari timbul suatu perselisihan, maka dari itu penulis ingin mengetahui lebih jauh tentang alat bukti akata otentik apabila akta otentik tersebut dijadikan sebagai alat bukti pada perkara perdata. Tujuan yang pertama penilitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan akta
otentikdalam proses pemeriksaan perkara perdata Putusan Nomor 130 /PDT.G/2016/PN.SMG. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui pertimbangan hakim terkait alat bukti otentik telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif.
Spesifikasi penelitian ini adalah deskriptif analitis yaitu menggambarkan peraturan perundang – undangan yang berlaku dikaitkan dengan teori – teori hukum dan praktek pelaksanaan hukum yang menyangkut permasalahan tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa akta otentik validitas karena dalarn tidak sah dalam proses pembuatannya sehingga dibatalkan. Selanjutnya, hasil yang kedua menunjukkan bahwa pertimbangan hakim terkait alat bukti otentik telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Kata Kunci : kekuatan, bukti akta otentik, perkara perdata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Nov 2023 02:28
Last Modified: 08 Nov 2023 02:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17713

Actions (login required)

View Item View Item