Search for collections on Undip Repository

UPAYA HUKUM DEBITUR ATAS PARATE EKSEKUSI JAMINAN HAKTANGGUNGAN DALAM PUTUSAN PERKARA NOMOR 22/Pdt.G/2019/PN Bbs._066 Acara 2023

PUTRA, ALFITO BRAMANTIA and Marjo, Marjo and Utama, Kartika Widya (2023) UPAYA HUKUM DEBITUR ATAS PARATE EKSEKUSI JAMINAN HAKTANGGUNGAN DALAM PUTUSAN PERKARA NOMOR 22/Pdt.G/2019/PN Bbs._066 Acara 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bank atau Kreditur sebagai pemegang jaminan hak tanggungan pertama diperbolehkan melakukan lelang dengan cara parate eksekusi yaitu menjual objek jaminan hak tanggungan sendiri melalui pelelangan umum tanpa adanya fiat dari pengadilan, apabila Debitur wanprestasi dalam membayar kredit. Pada kenyataan di lapangan pelaksanaan lelang objek hak tanggungan yang dilakukan oleh Kreditur seringkali didapati pelanggaran prosedur atau pelanggaran undang-undang, terhadap hal tersebut dapat diajukan upaya hukum perlawanan oleh Debitur.
Tujuan dari penelitian hukum ini adalah untuk mengetahui upaya hukum Debitur atas parate eksekusi jaminan hak tanggungan di Pengadilan Negeri Brebes dalam Putusan Perkara Nomor 22/Pdt.G/2019/PN Bbs dan mengetahui kesesuaian putusan Hakim Pengadilan Negeri Brebes pada Putusan Perkara a quo dengan ketentuan ketentuan Peraturan Perundang-Undangan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah metode pendekatan yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis, jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu wawancara, serta metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penulisan hukum ini menjelaskan mengenai upaya hukum yang dilakukan oleh Debitur atas parate eksekusi jaminan hak tanggungan dalam Putusan Perkara a quo berupa pengajuan upaya hukum verzet atas eksekusi ke Pengadilan Negeri sesuai dengan Pasal 207 HIR (herzien inlandsch reglement)dan upaya hukum banding sesuai dengan Pasal 188 sampai dengan Pasal 194 HIR (untuk Jawa dan Madura) kemudian Pasal 199 sampai dengan Pasal 205 RBG (untuk luar Jawa dan Madura), serta Pasal 3 Jo. Pasal 5 UU No. 1 Tahun 1951 UU Darurat No. 1 Tahun 1951 ke Pengadilan Tinggi, prosedur penyelesaian kredit macet melalui parate eksekusi jaminan hak tanggungan oleh kreditur dengan cara restrukturisasi kredit yaitu berupa upaya yang dilakukan oleh Bank selaku Kreditur kepada nasabah selaku Debitur yang mengalami kesulitan untuk membayar pokok kredit dan bunga dengan cara penurunan suku bunga kredit, perpanjangan jangka waktu kredit, pengurangan tunggakan bunga kredit, pengurangan tunggakan pokok kredit, penambahan fasilitas kredit dan/atau konversi kredit menjadi penyertaan modal sementara,serta menganalisis kesesuaian putusan Hakim Pengadilan Negeri Brebes pada Putusan Perkara a quo dengan Pasal 1365 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 213/PMK.06/2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang.

Kata Kunci:Upaya Hukum, Debitur, Parate Eksekusi, Jaminan
HakTanggungan, Perkara Perdata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Nov 2023 02:52
Last Modified: 08 Nov 2023 02:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17694

Actions (login required)

View Item View Item