Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP PELAYANAN PUBLIK

Abiwardani, Ludmila Jasmine (2023) PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP PELAYANAN PUBLIK. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Cover_Ludmila.pdf - Published Version

Download (654kB)
[img] Text
Bab1_Ludmila.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text
Dapus_Ludmila.pdf - Published Version

Download (376kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap pelayanan publik yang diikur dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada APBD pemerintah provinsi di Indonesia selama periode 2018-2022. Dengan populasi yang terdiri dari 34 provinsi, penelitian ini menggunakan seluruh populasi sebagai sampel berdasarkan kriteria inklusi, yaitu keberadaan provinsi selama periode dan ketersediaan laporan lengkap terkait Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).
Melalui pengumpulan data sekunder dari www.bps.go.id dan https://djpk.kemenkeu.go.id, data laporan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pemerintah provinsi di Indonesia tahun 2018-2022 menjadi dasar analisis. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dipengaruhi oleh Pendapatan Asli Daerah (PAD), khususnya melalui besarnya pajak daerah. Meskipun demikian, hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang kuat antara IPM dengan besarnya pendapatan dari retribusi daerah dan pengelolaan kekayaan daerah.
Kata Kunci: Pendapatan Asli Daerah, Indeks Pembangunan Manusia, pajak daerah, retribusi daerah, pengelolaan kekayaan daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah, Indeks Pembangunan Manusia, pajak daerah, retribusi daerah, pengelolaan kekayaan daerah.
Subjects: Economics and Business > Accounting
Economics and Business
Divisions: School of Vocation > Diploma in Taxation
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 02 Nov 2023 08:52
Last Modified: 02 Nov 2023 08:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17682

Actions (login required)

View Item View Item